Hari Ini Pengundian Nomor Urut Paslon, KPU Batasi Kehadiran Pendukung

0
42

SULUTIMES, Manado – Menindaklanjuti Surat KPU-RI nomor: 795/PL.02.2-SD/06/KPU/IX/2020, Perihal: Penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Penegandalian Covid-19 pada Penetapan Pasangan Calon dan Pengundian Nomor Urut, Komisi Pemilihan Umum Kota Manada membatasi setiap Paslon hanya lima orang ditambah Bawaslu.

Hal ini dikatakan oleh Komisioner KPU Kota Manado, Sahrul Setiawan HS, Kamis (24/9/2020). Menurutnya, Surat yang ditandatangani oleh Plh. Ketua KPU RI Ilham Saputra, tertanggal 22 September 2020 ditujukan kepada Provinsi dan Kabupaten/Kota yang menggelar Pilkada serentak tahun 2020, sudah diantisipasi oleh KPU Kota Manado.

“KPU Kota Manado sudah mengantisipasi terkait penerapan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 dalam koordinasi dengan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon), pihak keamanan, Bawaslu dan Gugus Tugas,” kata Sahrul.

Sahrul Setiawan menjelaskan, dalam rapat koordinasi tersebut Bapaslon sudah menandatangani kesepakatan yang diambil. Bahkan telah menghimbau para pendukung untuk tidak ikut dalam proses Penetapan dan Pengundian nomor urut.

“Yang hadir dalam pleno penetapan dan Pengundian nomor urut, setiap Paslon hanya boleh membawa 1 orang LO, 1 orang Tim Kampanye dan 1 orang perwakilan Parpol Pengusung ditambah dengan Bawaslu,” jelas Sahrul.

“Jadi tiap paslon hanya dibatasi  5 orang untuk tahapan pengundian nomor urut hari ini, Kamis tanggal 24 September 2020. Karena ini sudah menjadi kesepakatan bersama, mari kita patuhi dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” tegas Sahrul Setiawan HS.

Seperti diketahui, dalam tahapan penetapan Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado, Rabu (23/9/2020), KPU telah menetapkan 4 Paslon yang memenuhi syarat. Untuk hari Kamis tanggal 24 September 2020, tahapan pengundian nomor urut paslon. (Jo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here