Bawaslu Manado Akan Awasi Akun Medsos Paslon

0
8

SULUTIMES, Manado – Terkait dengan PKPU Nomor 11 Tahun 2020 yang mengatur tentang kampanye calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati/Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Bawaslu Kota Manado akan meminta daftar akun medsos empat Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota Manado dan Wakil Wali Kota Manado yang telah didaftarkan ke KPU.

“Akun medsos empat Paslon yang telah didaftarkan ke KPU akan diawasi. Berdasarkan PKPU nomor 11 tahun 2020, akun medsos Paslon sebagai pengganti kampanye rapat umum terbuka,” kata Ketua Bawaslu Kota Manado , Marwan Kawinda, SH., MH., Kamis (1/10/2020).

Marwan Kawinda menjelaskan, dalam melaksanakan fungsi pengawasan, Bawaslu Kota Manado berpijak pada Peraturan Bawaslu Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengawasan, Penanganan Pelanggaran, dan Penyelesaikan Sengketa Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana Non Alam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Untuk itu kami berharap semua paslon bisa memanfaatkan dengan baik akun medsos sebagai sarana kampanye untuk penyampaian visi misi, dan berbagai program dalam Pilkada 2020 ditengah Pandemic Covid-19,” harap Kawinda.

Ketua Bawaslu kembali  mengingatkan kepada Paslon untuk mematuhi PKPU nomor 13 tahun 2020 perubahan atas PKPU Nomor 6 dan Nomor 10 Tahun 2020, tentang Pilkada di masa Pandemic Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Pertemuan atau tatap muka terbatas hanya bisa dihadiri maksimal 50 orang, dengan menerapkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19.

“Perbawaslu nomor 4 tahun 2020 lahir karena kondisi bencana non alam yaitu Covid-19. Untuk itu, Bawaslu akan melakukan pengawasan setiap tahapan Pemilu berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) penangan Covid-19 yang telah ditetapkan oleh Pemerintah,” jelas Kawinda. (Jo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here