Ditengah Pandemic Covid-19, BNN Kota Manado Tetap Konsisten Laksanakan P4GN

0
22

SULUTIMES, Manado – Ditengah Pandemic Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), BNN Kota Manado tetap konsisten melaksanakan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di lingkungan masyarakat, pendidikan dan lingkungan kerja baik pemerintah maupun swasta.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Manado AKBP Drs. Reino Franciano Bangkang, M.Si., didampingi Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Diane Kawatu, SH, MAP., dan Kepala Seksi Pemberantasan Kompol Navara Pangabean, dalam jumpa pers, Selasa (22/12/2020), bertempat di Kantor BNN Kota Manado.

Kepala BNN Kota Manado menjelaskan, kegiatan P4G tetap digelar selama tahun 2020. Adapun kegiatan P4G yang telah dilaksanakan Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, sebagai berikut:

a. Sosialisasi Dampak & Bahaya Penyalahgunaan Narkoba (Non Dipa) di;

– Balai Diklat Keuangan terhadap Calon Pegawai Negeri Kementrian Pajak dan Bea Cukai Sulawesi Utara

– Kegiatan Siswa Taat Hukum (SITAHU) narkoba di lingkungan pelajar dan masyarakat serta dapat menjadi contoh/teladan Generasi Anti Narkoba.

– Kegiatan Wawasan Kebangsaan Bersama KODIM Manado dan Masyarakat Malalayang

– Kegiatan Bakamla Zona Maritim Tengah Manado serta pemeriksaan tes urine.

– Kegiatan KODIM 1309 Manado serta pemeriksaan tes urine.

– Kegiatan Diklat Keuangan serta pemeriksan tes urine

– Kegiatan Generasi Berencana Bersama BKKBM Sulut

b. Diseminasi Informasi melalui talkshow/tatap muka (1 Kali)

c. Diseminasi Informasi melalui insert konten (1 kali)

d. Diseminasi Informasi melalui media cetak (5 kali)

e. Diseminasi Informasi melalui media cetak luar ruang (10 kali)

f. Diseminasi Informasi melalui Placement televisi daerah (3 kali)

g. Diseminasi Informasi melalui Placement radio daerah/local (5 kali)

h. Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Keliling, Terkait Kampanye/HimbauanĀ Pencegahan Bahaya Narkoba dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 dengan lokasi dengan Lokasi Kecamatan Wanea, Kecamatan Tikala, Kecamatan Paal 2, Kecamatan Mapanget, Kecamatan Tuminting, Kecamatan Wenang, Kecamatan Malalayang, Kelurahan Bumi Nyiur, Kelurahan Karombasan Selatan, Jalan Ring Road, Jalan Winangun, Jalan Stadion Klabat, dan Jalan Bethesda.

i. Bimbingan Teknis Penggiat Anti Narkoba di Instansi Pemerintah dan Lingkungan Pendidikan bertempat di Hotel Gran Puri dihadiri dengan tujuan Terbentuknya Penggiat Anti Narkoba di Instansi Pemerntah dan Lingkungan Pendidikan.

j. Workshop di Lingkungan Masyarakat dan Lingkungan Swasta bertrempat di Hotel Gran Puri dihadiri dengan tujuan Terbentuknya Penggiat Anti Narkoba di Lingkungan Masyarakat dan lingkungan Swasta.

k. Asistensi Penguatan Ketahanan Keluarga berbasis Sumber Daya Pembangunan Desa/Kelurahan di Kelurahan Malalayang 1 dalam rangka Pilot Project Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba).

l. Program Pengukuran Indeks Ketahanan Diri Remaja (Dektari).

m.Pemberdayaan Masyarakat melalui pemeriksaan tes urine di InstansiĀ Pemerintah, Lingkungan Pendidikan, Masyarakat, dan Swasta

n. Monitoring Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat di Lingkungan Pemerintah, Masyarakat, Swasta, dan Pendidikan

o. Evaluasi pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat di Lingkungan Pemerintah, Masyarakat, Swasta, dan Pendidikan.

“Sepanjang tahun 2020 BNN Kota Manado telah membentuk dan melantik 80 orang Penggiat Anti Narkoba dan 1030 orang Relawan Anti Narkoba. Untuk Seksi Rehabilitasi, dalam kurun waktu 3 (Tiga) Tahun antara tahun 2017 s/d 2020 telah melaksanakan rehabilitasi sebanyak 351 Orang. Dan Seksi Pemberantasan untuk tahun 2020, berhasil mengungkap satu kasus yang saat ini telah P21,” jelas Bangkang.

Jo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here