Ternyata Manado Miliki Potensi Besar Destinasi Wisata Yang Belum Tersentuh

0
11
Lokasi Mata Air Panas di Kelurahan Malalayang Satu Timur Lingkungan VII. (foto: Johny Wuwungan)

SULUTIMES, Manado – Kota Manado ternyata memiliki banyak potensi yang masih belum tersentuh atau dikembangkan dengan baik, sebagai salah satu destinasi wisata.

Selain situs-situs budaya, ada juga potensi besar untuk kemajuan dunia pariwisata yang masih belum tersentuh, yakni; ‘Mata Air Panas’ dan ‘Sumur Air Panas’, yang terletak di Kelurahan Malalayang 1 Timur Lingkungan 7.

Hal ini terungkap dalam Musrenbang Kelurahan Malalayang Satu Timur, Senin (25/1/2021), yang bertempat di Kantor Kelurahan. Menurut kepala lingkungan VII, Jhoni Wuwungan, Mata Air Panas yang terletak di tanah milik keluarga Tiwow dan Sumur Air Panas milik sala satu warga, menjadi ‘korban’ banjir yang melanda Kota Manado pada hari Jumat (22/1/2021).

“Sumur Air Panas, airnya memang panas, akan tetapi untuk Mata Air Panas yang letaknya tidak jauh dari Sumur, airnya sangat panas, tangan bisa hangus kalau menyentuh airnya. Kami berharap, Pemkot Manado bisa memberikan perhatian khusus untuk kedua lokasi ini, yang terdampak banjir beberapa waktu lalu,” ujar Wuwungan.

Sumur Air Panas di Kelurahan Malalayang Satu Timur, milik warga. (foto: Jhoni Wuwungan)

Hal senada juga dikatakan oleh Lurah Malalayang Satu Timur, Alfiane J. Oroh, S.E., bahwa lokasi tersebut (mata air dan sumur air panas), jika dikembangkan akan menjadi salah satu potensi destinasi wisata yang bisa memiliki multi efek bagi kemajuan dunia pariwisata di Kota Manado dan peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

“Selama ini baru sebatas masyarakat sekitar dan orang-orang tertentu yang mengetahui potensi besar ini. Pemerintah kelurahan berupaya memberikan perhatian serius terhadap kedua lokasi tersebut, dengan memasukannya dalam skala prioritas Musrenbang Kelurahan, khususnya akses masuk yang rusak akibat banjir dan longsor beberapa waktu lalu,” kata Oroh.

Sementara itu, Sekretaris Bapelitbangda Kota Manado, Fredy Runtuwene,S.T., mengatakan bahwa mata air dan sumur air panas, memiliki potensi sangat besar untuk kemajuan pariwisata di Kota Manado yang bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

“Saya baru tahu saat ini, ternyata di Kota Manado memiliki potensi destinasi wisata yang sangat besar, yakni; Mata Air dan Sumur Air Panas, yang belum tersentuh. Selama ini yang saya tahu hanya ada di daerah Minahasa, ini sangat luar biasa!,” ungkap Runwene.

(Jo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here