Terapkan Tarif Baru Masuk Pelabuhan, Ini Penjelasan GM Pelindo Manado

0
147

SULUTIMES, Manado –  Terhitung sejak tanggal 1 Juli 2021, pihak Pelindo Manado telah memberlakukan tarif baru bagi penumpang, pengunjung dan kendaraan yang masuk pelabuhan Manado.

GM Pelindo Manado Ruddy Lontaan, usai Dialog Interaktif Luar Studio Forum Kawanua yang mengangkat Topik; ‘Biaya Masuk Pelabuhan’, Jumat (6/8/2021), bertempat di kantor Pelindo Manado mengatakan bahwa kenaikan tarif masuk pelabuhan telah melewati proses kajian dan sosialisasi, bahkan sudah melewati beberapa kali penundaan.

Pemberlakuan tarif baru sebetulnya sudah sejak bulan Mey tahun 2020, tapi karena ada demo dari mahasiswa yang dilanjutkan dengan pertemuan perwakilan Nusa Utara di DPRD Provinsi Sulut, maka disepakati pemberlakuannya nanti bulan Januari 2021. Akan tetapi setelah melewati berbagai pertimbangan dan kajian pihak Pelindo mengambil langkah kebijakan untuk pemberlakuan tarif baru pada tanggal 1 Juli 2021.

“Jujur, pendapatan Pelindo Manado minus, maka mendapat subsidi dari pelabuhan Makassar dan Kalimantan untuk biaya operasional, sedangkan banyak kebutuhan biaya yang dibutuhkan untuk peningkatan fasilitas dan pelayanan pelabuhan, termasuk biaya operasional tenaga kerja,” jelas Lontaan.

GM Pelindo melanjutkan, untuk pembangunan/penambahan fasilitas pelabuhan demi kenyamanan para penumpang nusa utara (Sitaro, Sangihe, dan Talaud), tidak mungkin kami meminta anggaran ke pusat, karena pelabuhan Manado merugi terus. Oleh karena itu, pihak Pelindo mengambil langkah kebijakan dengan menaikan tarif masuk pelabuhan.

“Rencana kenaikan tarif masuk pelabuhan Manado telah mendapat persetujuan dari pimpinanan di pusat, sehingga kami mulai memberlakukan tarif baru bagi penumpang dan pengunjung serta kendaraan bermotor. Pemberlakuan tarif baru tersebut, telah melewati proses yang panjang, satu tahun lebih,” kata Lontaan.

Menurut GM Pelindo, awalnya tarif masuk penumpang melekat pada tiket yang dijual oleh agen kapal. Tapi sejak tahun 2020, pihak agen kapal telah mengeluarkan tarif masuk penumpang dari tiket. Makanya untuk tarif masuk penumpang sudah ditarik sendiri oleh pihak Pelindo Manado.

“Untuk meningkatkan fasilitas pelayanan bagi penumpang, kami sudah menambah 12 standing ac di ruang tunggu, dan akan membuat kanopi di dermaga agar penumpang tidak kepanasan maupun kehujanan, atau dengan kata lain ada tempat berteduh yang nyaman ketika menunggu kapal berangkat atau menunggu jemputan saat tiba dari nusa utara,” ujar Ruddy Lontaan.

“Kami juga sudah mengambil langkah kebijakan untuk mengratiskan siswa dan mahasiswa yang akan masuk pelabuhan Manado, hanya dengan menunjukan kartus siswa dan mahasiswa. Bahkan kendaraan online juga gratis apabila mengantar/menjemput penumpang di pelabuhan Manado dengan catatan ada logo Pelindo pada kendaraan online tersebut,” kata Ruddy Lontaan.

Berikut daftar tarif lama dan baru pelabuhan Manado.

  • Tarif lama:

Pengunjung Rp. 2.500,-

Penumpang Rp.4.000,-

Pick up/Sedan Rp.5.000,-

Truck Rp.7.500,-

Gerobak  Rp.2.000,-

Motor Rp. 2.500,-

  • Tarif Baru:

Pengunjung Rp.5.000,-

Penumpang Rp.10.000,-

Pick up. Rp.12.500,-

Truck. Rp. 10.000,-

Gerobak Rp.3.000,-

Motor Rp.4.000,-

(JO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here