Ketua Komisi IX DPR-RI Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19

0
26

SULUTIMES, Minut – Ketua Komisi IX DPR-RI Felly Estelita Runtuwene, SE., bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Manado menggelar Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) dengan masyarakat di Desa Likupang 1, Kabupaten Minahasa Utara – Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (10/9/2021).

Dalam kegiatan sosialisasi yang megangkat tema ‘Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19′, Ketua Komisi IX DPR-RI mengajak masyarakat sebelum membeli Obat dan Pangan Aman agar melakukan cek KLIK (Kemasan, Label, Izin edar dan Kadaluwarsa). Memilih dan memilah obat serta pangan aman dengan empat langkah Cek KLIK; Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek tanggal Kadaluwarsa.

“Langkah pertama, cek kemasan produk dalam kondisi baik; kedua cek informasi produk pada label yang tertera dalam kemasan; ketiga, cek apakah bahan pangan tersebut memiliki izin edar dari BPOM; dan keempat, cek tanggal kadaluwarsa dari produk tersebut,” jelas Felly Runtuwene.

Ketua Komisi IX DPR-RI melanjutkan, empat langkah cek KLIk sangat penting, agar masyarakat bisa mengkonsumsi abat dan pangan yang aman bagi kesehatan. “Jadilah masyarakat cerdas dalam membeli obat dan pangan, agar kesehatan terjaga dan bisa terhindar dari berbagai penyakit beresiko tinggi di masa pandemi covid-19. Jangan sampai mengabaikan empat langkah Cek KLIK. Mari kita jaga kesehatan di masa pandemi Covid-19,” ajak Felly Estelita Runtuwene.

Sementara itu, Kepala Balai POM di Manado Dra. Hariani, Apt., yang diwakili oleh Kepala Bidang Infokom Dra. Maria Sarlota Patabang, Apt., dalam sosialisasi menjelaskan tentang tips bagaimana menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh selam masa pandemi covid-19.

Kabid Infokom Balai POM di Manado juga mengatakan bahwa masyarakat jangan takut untuk divaksin. Vaksin yang dipakai telah melewati uji klinis di Balai POM, jadi aman bagi masyarakat. “Di masa pandemi covid-19, marilah kita menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Pakai masker, rajin cuci tangan, menjaga jarak saat beraktifitas,” kata Maria Patabang.

Usai kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan penyerahan bantuan berupa beras 5 kg, Kacang merah dan minyak kelapa 1 liter dari Ketua Komisi IX DPR-RI yang diserahkan secara simbolis oleh Tenaga Ahli Komisi IX DPR-RI Yudhi Dien, SE., M.Si. kepada masyarakat.

(Jo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here