57 Tahun Sulawesi Utara, PIKG Gelar Webinar Strategi dan Akselerasi Pembangunan

0
71

pSULUTIMES, Jakarta – Dalam rangka HUT ke-57 Provinsi Sulawesi Utara 23 September 1964 – 23 September 2021), Perhimpunan Intelektual Kawanua Global (PIKG) akan menggelar Webinar yang mengangkat topik: ‘Strategi dan Akselerasi Pembangunan Sulawesi Utara’.

ketua umum PIKG Prof. Ir. Roy H.M. Sembel, MBA, PhD, CSA., menjelaskan, mencermati persaingan lintas daerah, nasional, regional, global yang semakin ketat, memperhatikan Sulawesi Utara secara geoposisi sangat strategis di pasifik dan dunia, serta melihat tantangan dan peluang eksternal (regional, global) yakni Asia semakin penting dalam perdagangan global.

Adanya komunitas ekonomi ASEAN; perdagangan South to South meningkat pesat; pertumbuhan ekonomi China yang berdampak bagi negara lain; proses liberalisasi ekonomi India; dan restrukturisasi jaringan produksi di Asia Timur, menuntut Pemerintah dan Masyarakat Sulawesi Utara untuk siap dan mengambil manfaat dari perkembangan ekonomi yang sangat masif dengan melibatkan diri langsung di pusat pusaran kemajuan ekonomi ini.

“Untuk itu, perlu adanya kajian-kajian strategis dan bahkan sampai pada rencana aksi (action plan) dalam konteks akselerasi pembangunan untuk mengantisipasi pergerakan ekonomi global sampai ke Sulawesi Utara dan juga sebaliknya Sulawesi Utara harus siap menawarkan potensinya ke masyarakat ekonomi dunia,” jelas Roy Sembel.

Sementara itu, Ir. W. Donald Pokatong M.Sc., Ph.D., Sekretaris Jenderal PIKG menambahkan, Perhimpunan Intelektual Kawanua Global merasa terpanggil untuk berperan aktif dalam berbagai aspek untuk menunjang pembangunan Sulawesi Utara. Hal inilah yang menjadi dasar, PIKG merencanakan untuk menggelar seminar online (Webinar) dengan Tema: Strategi dan Akselerasi Pembangunan Sulawesi Utara.

“Dengan beragamnya SDM yang berada di PIKG, membuka kesempatan bagi kami untuk mengeksplorasi dan menjabarkan tema ini dari berbagai aspek kajian dengan narasumber dari PIKG sendiri yang adalah wadah berkumpulnya intelektual kawanua.  Selain narasumber dari PIKG, diharapkan Gubernur Sulawesi Utara sebagai narasumber kunci (keynote speaker),” kata Donald Pokatong.

Webinar yang dilaksanakan oleh PIKG dengan topik ‘Strategi dan Akselerasi Pembangunan Sulawesi Utara’, akan di gelar pada hari Jumat, tanggal 24 September 2021, pukul 14:00 WIB.

  • Join Zoom Meeting: https://bit.ly/Zoom-Webinar-PIKG-2021
  • Meeting ID: 999 7417 8424
  • Passcode: Semangat!
  • Live Streaming Youtube: PIKG – Perhimpunan Intelektual Kawanua Global
  • Narasumber Kunci (Keynote Speaker) Gubernur Sulawesi Utara Bapak Olly Dondokambey, SE.
  • Narasumber:

1. Anton J. Supit

2. Revli Mandagie, SE

3. Prof. Ir. Roy H.M. Sembel, MBA, PhD, CSA

4. Wuryastuti Sunario

5. Ivan Gideon, ST, M.Min

  • Moderator:
  1. Dr. Auderey Tangkudung, MSi
  2. Ir. W. Donald Pokatong M.Sc., Ph.D.
  • Host: Fredinand Dj. Dumais, SE, MM
  • Co Host: Ir. Frederik Najoan, MSi
  • Badan Pengurus PIKG:

Ketua Umum :  Prof. Ir. Roy H.M. Sembel, MBA, PhD, CSA.

Sekjen : Ir. W. Donald R. Pokatong, M.Sc., Ph.D.

Bendum : Coretta Kapoyos, SE

  • Badan Penasihat:      

Ketua : Prof. Ir. Rudy Tarumingkeng, M.Sc, Ph.D.

Sekretaris : Dr. Alfred Ingkiriwang, MSi

  • Badan Pengarah

Ketua : Prof. Ir. Lucky Sondakh, MEc., Ph.D.

Sekretaris : Max Wilar.

 

(Jo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here