Ketua Komisi IX DPR RI Bersama Menaker Resmikan BLK Komunitas Seni Kuliner GMAHK

0
7

SULUTIMES, Manado – Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene (FER), bersama Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, Jumat (24/9/2021), meresmikan Balai Latihan Kerja Komunitas Seni Kuliner Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) Daerah Minut-Bitung.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Komisi IX DPR RI berharap lewat BLK ini bisa menciptakan tenaga-tenaga profesional sesuai keahlian dibidang masing-masing di era persaingan global. BLK ini bisa dimaksimalkan untuk membekali anak-anak kita dengan keahlian masing-masing.

“Setiap tahun akan ada angkatan kerja baru, disatu sisi akan banyak juga pengangguran dari angkatan kerja untuk dilatih agar tidak bergantung untuk menjadi pns. Jika memiliki keahlian, maka bisa menghidupi diri sendiri, dan bahkan bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain,” harap FER.

FER, srikandi partai NasDem Sulut melanjutkan, BLK GMAHK bisa dimanfaatkan untuk pelatihan-pelatihan kushus kuliner. Nanti akan ada BLK untuk pelatihan bengkel motor, reparasi ac, dan keahlian-keahlian lainnya. Ia juga berharap dukungan penuh dari pemerintah daerah Sulut sehingga keberadaan BLK bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan kualitas SDM yang mandiri dan berdaya saing.

“Dukungan pemerintah daerah sulut sangat penting karena tidak selamanya BLK yang sudah dibangun akan dibiayai oleh kementrian tenaga kerja. Ada waktunya harus mandiri, untuk itu sangat dibutuhkan perhatian serius dari pemerintah daerah terhadap BLK sebagai tempat untuk melahirkan tenaga-tenaga kerja yang berkompoten sesuai bidangnya masing-masing,” harap FER.

Sementara itu, Menaker RI Ida Fauziyah mengatakan, bahwa pada tahun 2020 pihaknya telah membangun BLK berbasis serikat pekerja/buruh. Kemenaker menyadari para pekerja/buruh perlu meningkatkan kompetenainya untuk desk skilling dan up skilling.

Berdasarkan data, secara keseluruhan dari tahun 2017-2020 Kemenaker RI telah membangun 2.127 BLK komunitas se-Indonesia. BLK ini dibangun sesuai dengan komunitas keagamaan.

“Dengan adanya BLK komunitas, bisa membantu untuk menciptalan tenaga kerja yang berkompoten dalam upaya mendukung pengembangam KEK Bitung dan Likupang yang sementara berproses,” kata Ida Fauziyah.

Menaker juga memberikan apresiasi kepada Ketua Komisi IX DPR RI yang telah menjadi mitra dalam memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia.

“Kita tidak bisa menghindar dari kemajuan zaman saat ini yang telah memasuki era revolusi industri 4.0, dimana  semuanya serba teknologi. Hal ini menuntut masyarkat agar lebih kreatif dan inobativ dalam menciptakan produksi baru, terobosan-terobosan strategis sangat dibutuhkan untuk meningkatkan perekonomian,” ujar Menaker.

(*/Jo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here