Bertindak Sebagai Inspektur Upacara, Ini Pesan Bupati Joune Ganda

0
5

Minahasa Utara, SuluTimes.com — Hari Otonomi Daerah XXVIII di Kabupaten Minahasa Utara diperingati dalam upacara yang dipimpin Bupati Joune Ganda, Senin (29/04/2024) di lapangan Kantor Bupati.

Peringatan Hari Otonomi Daerah tahun ini mengusung tema, Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat. Dalam sambutan Menteri Dalam Negeri yang dibacakan Bupati Joune Ganda mengatakan tema ini dipilih untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran pemerintah daerah.

“Yaitu untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal serta mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang,” kata Bupati.

Di samping mendorong percepatan perbaikan kualitas pelayanan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam konteks ekonomi hijau, pemerintah daerah juga dihadapkan pada hambatan dan tantangan dalam pembangunan daerah untuk mendorong program pembangunan nasional.

“Meliputi penanganan stunting, penurunan angka kemiskinan ekstrem, pengendalian inflasi, peningkatan pelayanan publik yang berkualitas melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), percepatan proses pemulihan perekonomian Nasional maupun Daerah serta ekonomi hijau dan lingkungan yang sehat,” urainya.

Bagi daerah yang masih rendah PAD-nya, diharapkan dapat melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta peningkatan bagi PAD, tanpa melanggar hukum dan norma yang ada serta tidak memberatkan rakyat.

Upacara diikuti oleh Sekretaris Daerah Novly Wowiling, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, para Camat dan perwakilan ASN di jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.

(**/Fds)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini