Bupati Minut Joune Ganda Tetapkan Status Siaga Bencana Pasca Erupsi Gunung Ruang

0
4

MINAHASA UTARA, SuluTimes.com — Bupati Joune Ganda SE, MAP, MM, M.Si menetapkan Status Tanggap Darurat Bencana di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) akibat dampak dari erupsi Gunung Ruang.

Hal ini dikatakan Bupati Joune Ganda dalam pertemuan bersama Forkopimda dan BNPB Provinsi serta stakeholder terkait, di ruang rapat Kantor Bupati, Selasa (30/04/2024).

“Menyikapi adanya penyebaran Abu Vulkanik akibat Erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara merasa perlu adanya penetapan status tanggap darurat bencana,” kata Bupati Joune Ganda.

“Abu Vulkanik akibat erupsi Gunung Ruang dapat menimbulkan masalah pernapasan dan kerusakan paru-paru, dan partikel Abu Vulkanik yang kasar, dapat mengakibatkan Goresan pada kulit, juga Radang pada selaput mata,” ucap Bupati Joune Ganda.

Aktivitas Gunung Ruang Masih Berlangsung, UCLG ASPAC dan LTF Dijadwal Ulang 5-7 Juni 2024

“Saya mengimbau masyarakat Kabupaten Minahasa Utara yang akan beraktifitas diluar rumah untuk memakai baju yang berlengan panjang dan celana panjang, gunakan masker dan kaca mata atau kain untuk melindungi wajah serta segera bersihkan tubuh dan mengganti pakaian saat pulang ke rumah,” ujar Bupati Joune Ganda.

“Mari kita tetap waspada dan menjaga kesehatan. Bersama kita doakan saudara-saudara kita yang berada di Kepulauan Sitaro,” tutur Bupati Joune Ganda.

Pemkab Minut melakukan upaya mitigasi cepat dengan membagikan masker kepada masyarakat dan menetapkan libur bagi anak-anak yang bersekolah, juga menyiapkan bantuan untuk kebutuhan dasar seperti makanan serta kebutuhan lainnya.

Bupati Joune Ganda juga sudah menginstruksikan kepada para Perangkat Daerah untuk melakukan peninjauan langsung dilapangan dan memberikan informasi agar bisa langsung mengambil langkah yang tepat untuk penanggulangan bencana ini.

(**/Fds)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini