Open Ceremoni EBM UCLG ASPAC 2024, Bawa Minahasa Utara Go International di Bidang Pariwisata dan Budaya

0
4

MINUT, SuluTimes.com  — Bupati Joune Ganda menjadi bintang di tengah-tengah kehadiran tokoh dunia dalam acara Open Ceremony EBM UCLG ASPAC (Executive Bereau Meeting United Cities Local Governments Asia Pasivic) 2024 di Paradise Hotel Likupang, Kamis, (6/6/24).

Presiden UCLG Mr. Dakila Carlo Cua, Sekjen Dr Bernadia Irawati Tjandradewi dan Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, Wakil Bupati Minut Kevin Wiliam Lotulung dan perwakilan dari delegasi, secara bersama membuka United Cities and Local Government Asia Pacific yang ditandai dengan pemukulan tetengkoren.

EBM UCLG ASPAC ini mengangkat tema, ‘Meningkatkan Pariwisata Berkelanjutan dan Ekonomi Kreatif Melalui Kolaborasi Asia Pasifik’

Faktanya, sejak dimulainya sesi Exbu Rabu, (5/6/24) kemarin Bupati Joune Ganda yang kembali akan mencalonkan diri bersama Kevin Lotulung sebagai Bupati dan Wakil Bupati Minut Periode 2024-2029 ini terus menuai apresiasi. Setelah kemarin apresiasi datang dari Sekjend Bernadia Irawati Tjandra dan para member UCLG. Kali ini apresiasi datang dari Presiden UCLG ASPAC Mr. Dakila Carlo Cua dalam acara open ceremony.

Mr. Dakila mengatakan, apreciate pantas disematkan kepada Mr. Joune Ganda atas visi Joune Ganda menjadikan Minut host Event UCLG. yang bertaraf International dan mampu melaksanakannya.

“Our vision is for EBM to be the opening of this gathering, of united cities and local government in Asia Pacific. Many different regional government through out Asia Pacific took part in discussions to Discuss the challenges and best practices of sustainable research, as well as creative economic development which is very important to do in North Minahasa. (Visi kami adalah EBM menjadi pembukaan pertemuan ini, dari kota-kota bersatu dan pemerintah daerah di Asia Pasifik. Banyak pemerintah daerah yang berbeda seluruh Asia Pasific ikut berdiskusi membicarakan tentang tantangan dan praktik terbaik penelitian berkelanjutan, dan juga pembangunan ekonomi kreatif yang sangat penting untuk dilakukan di North Minahasa),” ucap Dakila.

Ekonomi kreatif, lanjutnya, adalah promosi identitas budaya sendiri di Minahasa Utara dan setiap pemerintah daerah di berbagai belahan dunia mempunyai ekonomi kreatif, yang merupakan jati diri, budaya sendiri.

“With this we can understand the identity of each region and then we work together to share prosperity. We hope to do so today and in the future to share prosperity for our local governments. (Dengan ini kita bisa menyelami identitas tiap daerah dan kemudian kita bekerjasama untuk berbagi kesejahteraan. Kami berharap dapat melakukannya hari ini dan di masa mendatang untuk berbagi kesejahteraan bagi pemerintah daerah kami), ” ucap Mr Dakila.

Terpisah, Secretary General UCLG, Dr. Bernadia Irawati Tjandra mengatakan, bahwa opening session success. Di dalamnya ada penandatanganan antara UCLG ASPAC dengan delegasi Guangzhou.

“Nantinya akan ada surprise deklarasi yang namanya bukan deklarasi likupang tapi ‘Deklarasi North Minahasa. Disitu salah satu aspek yang penting adalah mempromosikan sustainable tourism yang responsible. Sebab kita tidak mau melalui sustainable ini malah membuat lingkungan menjadi tidak bagus. Maka kita harus mempunyai responsible/tanggungjawab sebagai turis,” ungkapnya.

Dikatakan, dirinya melihat North Minahasa bersih sekali, lingkungannya terjaga dengan baik, karena kalau lingkungan tidak terjaga pasti turis tidak akan datang. Karena salah satu nilai dari Minut itu adalah wisdop and beautiful furniture itu harus di jaga bersama.

Kesempatan yang sama, Bupati Joune Ganda menyampaikan Minut yang terpilih sebagai pelaksanaan For Session Executive Berau Meeting yang dilaksanakan di Likupang.

“Event ini sangat penting bagi kita, sebagai bagian dari promosi KEK Likupang yang merupakan salah satu Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Benang merahnya, mulai dari Internasional sampai nasional mendukung dan sangat bermanfaat untuk Minut,” ungkap JG seraya mengatakan, kehadiran para delegasi bersama investornya menunjukkan pada masyarakat Minut bahwa perhatian dunia internasional termasuk UCLG ASPAC yang terdiri dari kumpulan beberapa negara dan pemerintah di Asia Pasifik terhadap Minut sangatlah bermanfaat.

Dalam sambutan dan paparannya, Joune Ganda tampil prima, lugas dan penuh percaya diri mempromosikan pariwisata Likupang menggunakan bahasa internasional yang fasih.

Hadir juga dalam Open ceremoni tersebut Wakil Gubernur Sulut, Drs.Steven Kandouw yang mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

(Fds)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini