Your Ads

Tuesday, Nov 13, 2018
HomeActual & ValidEkonomi & BisnisAstaga, Pemkab Minut Dapati Sejumlah Restoran Pakai LPG Bersubsidi

Astaga, Pemkab Minut Dapati Sejumlah Restoran Pakai LPG Bersubsidi

Bagian perekonomian Pemkab Minut saat melakukan sidak di sejumlah restoran.(ist)

SULUTIMES, Minut – Menyusul adanya informasi dari masyarakat, dimana masih banyak pengusaha restoran masih menggunakan LPG bersubsidi 3 kg, ditindaklanjuti Bagian Ekonomi Setdakab Minahasa Utara (Minut), dengan turun lapangan melakukan inspeksi mendadak (sidak), Selasa (9/10/2018). 

Mirisnya, dari sidak di sejumlah restoran atau rumah makan di Kecamatan Airmadidi, Dimembe dan Kalawat, ditemukan masih ada yang menggunakan LPG bersubsidi 3 kg yang diperuntukkan bagi masyarakat miskin.

Kabag Perekonomian Gaby Musiran SE mengatakan, sidak tersebut dilakukan terhadap restoran yang berpendapatan diatas Rp.1,5 juta per bulan. Dari hasil sidak ditemukan sebagian besar rumah makan di kecamatan Airmadidi, Dimembe dan Kalawat masih menggunakan tabung LPG 3 kg.

“Malah ada yang simpan sampai 20 tabung. Padahal kalau penghasilan diatas Rp 1,5 juta per bulan sudah harus pakai tabung bright gas 5,5 kg,” ungkap Musiran.

Pada sidak tersebut, bagian perekonomian juga mengimbau kepada pemilik rumah makan agar segera beralih menggunakan tabung LPG 5,5 kg.

“Iya ada beberapa rumah makan yang langsung melakukan penukaran tabung LPG 3 kg ke tabung 5,5 kg. Namun ada juga rumah makan yang tak langsung melakukannya karena si pemilik sedang tak ada di tempat. Sementara yang menjaga rumah makan hanyalah karyawan yang tak bisa segera mengambil tindakan menukar tabung LPG,” tuturnya.

Musiran mengakui, kesulitan menjatuhkan sanksi kepada rumah makan yang masih pakai LPG 3 kg. Namun sanksi akan diberikan kepada pangkalan yang sengaja memberikan LPG 3 kg ke rumah makan.

“Pemakaian tabung 3 kg oleh banyak rumah makan menjadi salah satu penyebab kelangkaan LPG yang sempat terjadi di Airmadidi dan sekitarnya,” imbuh Musiran.

Pihaknya akan kembali melaksanakan sosialisasi tabung 5,5 kg bagi PNS dan rumah makan yang belum menggunakan tabung 5,5 kg. Sedangkan rumah makan yang sudah pakai tabung 5,5 kg akan mendapat sertifikat.

 

Inggit Kumentas/Qys 

Comments

comments

Bupati ROR Hadiri Ra
PAW Dengah dan Rumum

viktory.rotty@yahoo.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.

Pin It on Pinterest

Share This