Ketua Komisi IX DPR-RI Dampingi Kemenkes Gelar Sosialisasi GERMAS di Minsel

0
5

SULUTIMES, Minsel – Ketua Komisi IX DPR-RI Felly Estelita Runtuwene, SE, mendampingi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dalam rangka mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang mengangkat tema ‘Adaptasi Kebiasaan Baru Dalam Pencegahan Covid-19’, di Amurang Kabupaten Minahasa Selatan, Jumat (11/9/2020).

Kepala Seksi ISPA Atas Subdit ISPA Ditjen P2PML Kemenkes RI, Rohani Simanjuntak, dihadapan peserta menyampaikan bahwa dasar hukum pelaksanaan GERMAS adalah Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 2017.

GERMAS adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan beraama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Saat ini hampir seluruh negara di dunia terdampak Covid-19, untuk Indonesia angka terkonfirmasi positif Covid-19 masih tinggi. Untuk itu, Kemenkes RI terus menggalakkan Sosialisasi Adapatasi Kebiasaan Baru di era new normal kepada seluruh masyarakat dalam upaya pencegahan dan penyebaran Covid-19,” kata Simanjuntak.

Rohani Simanjuntak melanjutkan, adaptasi kebiasaan baru adalah cara kita merubah perilaku, gaya hidup, dan kebiasaan. Dalam beraktivitas, masyarakat wajib menggunakan protokol kesehatan untuk mencegah terjangkit virus corona.

“Selalu menggunakan masker saat berada diluar rumah, rajin cuci tangan, dan tetap jaga jarak dalam beraktivitas. Di era Normal Baru, masyarakat harus bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru dalam upaya pencegahan dan penyebaran Covid-19,” jelas Simanjuntak.

Menurut Kepala Seksi ISPA Atas Subdit ISPA Ditjen P2PML Kemenkes RI, berdasarkan hasil survei secara online dari internet, facebook, Instagram, Twitter, dan WhatsApp kepada responden yang berusia 13-55 tahun, hasilnya hampir semua responden mengetahui anjuran Pemerintah untuk menggunakan masker, jaga jarak, rajin cuci tangan, dan pulang rumah cuci tangan/langsung mandi. Tapi yang melakukan anjuran pemerintah masih sedikit.

“Mau tidak mau si virus Corona ini tidak akan tiba tiba hilang dari Indonesia, untuk itu mari kita jaga lingkungan masing-masing, mengedukasi masyarakat terkait perilaku hidup sehat. Kita semua yang hadir saat ini bisa menjadi corong untuk mengkampanyekan adaptasi kebiasaan baru bagi keluarga, tetangga, dan dalam aktivitas,” ajak Simanjuntak.

Rapid test yang dipimpin oleh Yunike Panambunan,
Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kab. Minahasa Selatan

Dalam kegiatan Sosialisasi yang difasilitasi oleh Ketua Komisi IX DPR-RI Felly Runtuwene, diikuti oleh perwakilan dari 17 Kecamatan di wilayah pemerintahan Kabupaten Minahasa Selatan.

Dalam kesempatan tersebut,  seluruh peserta melakukan Rapid Test gratis oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Minsel yang dipimpin oleh Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kab. Minahasa Selatan, Yunike Panambunan. Sedangkan untuk alat Rapid Test adalah bantuan dari Kemenkes RI yang difisilitasi oleh Ketua Komisi IX DPR-RI. (Jo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here