Limbah Padat Usaha Kandang Ayam di Desa Sea Semakin Meresahkan Warga

0
182

MINAHASA, Sulu-Times — Keberadaan kandang peternakan ayam daging di Desa Sea Jaga VII Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa semakin meresahkan warga masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi Kandang tersebut.

Berbagai keluhan kembali di utarakan oleh masyarakat yang tinggal di seputaran kandang tersebut karena beberapa orang yang sekarang mengalami sakit batuk-batuk disertai muntah akibat mencium aroma tidak sedap berasal dari kandang tersebut.

Femmy Lumunder warga yang merasakan dampak dari aroma tidak sedap dari kandang tersebut mengungkapkan isi hatinya melalui komentar media sosial (Facebook) di salah satu postingan menyangkut keberadaan kandang tersebut. Dirinya saat ini mengalami batuk-batuk di sertai muntah akibat mencium bau yang berasal dari kandang tersebut.

Foto : Komentar Femmy Lumunder di salah satu postingan Media Sosial

“So kaluar samua ini makanan di puruh smpe so saki leher b tahang dg mo mkn so ndk rasa mkn krn bobou sx dpe uap kandang angin bawah. Npa dg nona kacili so batuk,bringus lagi blm dpe kk krang jga muntah ‘kasiang….dg mlm ndk ttdr betul krn batuk ndk brenti’😭😢”, Ungkapnya melalui kolom komentar akun facebooknya.

Di sisi lain pemerintah Desa Sea melalui Sekertaris Desa Bapak Klif Sangian saat di konfirmasi via telepon WhatsApp mengatakan bahwa masalah kandang ini sudah dalam proses. Kemarin jumat, (12/01/2024)

“Terkait postingan dari Bapak Morthen Karundeng dan di bagikan kembali oleh sisca (Wartawan-red) di situ bukan pemerintah tidak mau melihat jeritan dari rakyat kecil tapi masalah kandang ini sudah di tangani, dan hari senin saya akan ke Dinas Lingkungan Hidup untuk berkoordinasi agar mereka bisa turun lokasi dan menindak lanjuti keluhan warga terdampak. Yang membuat postingan juga belum melapor di kantor Desa terkait masalah kandang tersebut, jadi minggu depan Dinas DLH akan turun lokasi,” Jelasnya via telepon WhatsApp

Foto : Tim Media Saat mengkonfirmasi terkait kondisi Kandang Ayam Sementara itu Pemilik Lahan usaha kandang ayam tersebut Ko’ Charles saat di konfirmasi tidak mau memberikan komentar, malah meminta agar menunjukkan surat tugas dan menyarankan agar menyurat secara resmi. Sabtu (13/1/2024).

“Kalau kita tidak perbolehkan boleh ?,” Jawab Ko’ Charles Singkat kepada Media

FDS

-
-

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini