Pansus DPRD Kota Manado Mulai Bahas LKPJ Wali Kota Tahun 2021

0
2
Pansus LKPJ Wali Kota Manado tahun 2021 mulai melakukan pembahasan bersama perangkat daerah. (Foto:Kla)

LIPUTAN KHUSUS

SULUTIMES, Manado — Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Manado mulai melakukan pembahasan terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Wali Kota Tahun 2021, yang digelar di ruang rapat paripurna, Senin (11/04/2022).

Pembahasan LKPJ Wali Kota Manado yang dipimpin Ketua Pansus, Jeane Laluyan dengan menghadirkan sejumlah perangkat daerah, Sekretaris Daerah Kota Micler Lakat yaitu Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan Satpol PP berlangsung alot.

Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan Satpol PP yang mendapat giliran pertama dalam pembahasan, menurut Jeane Laluyan merupakan urusan wajib pemerintah.

Dalam Pembahasan, Sekdakot Micler Lakat menjelaskan bahwa LKPJ Wali Kota Manado tahun 2021 dilaporkan adalah pertanggung jawaban selama satu tahun anggaran, yang terdiri dari urusan wajib dan pilihan.

Legislator Benny Parasan menjadi anggota Pansus pertama yang mempertanyakan permasalahan data realisasi BOS kepada Dinas Pendidikan, kemudian dilanjutkan dengan Mona Kloer tentang data sekolah penerima bantuan dari pemerintah daerah.

Selanjutnya, anggota pansus lainnya yaitu Jean Sumilat juga meminta kepada Dinas Pendidikan tentang rincian data penerima bantuan fisik lainnya, serta data kejar Paket A, B, dan C yang dipertanyakan oleh Dolfie Angkow.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Manado, Deasy Lumowa yang mendapatkan serangan pertanyaan dari pimpinan dan anggota pansus LKPJ Wali Kota Manado tahun 2021, kebingungan menjawab setiap pertanyaan yang dicecar secara bertubi-tubi.

Melihat kondisi tersebut, sejumlah anggota Pansus mengatakan kalau Kepala Dinas Pendidikan tidak siap dalam pembahasan LKPJ Wali Kota Manado dengan DPRD.

Ketua Pansus Jeane Laluyan kemudian menghentikan pembahasan LKPJ dengan Dinas Pendidikan harus, kemudian dilanjutkan dengan menghadirkan Dinas Kesehatan dan Satpol PP.

“Pembahasan selanjutnya kita dengan Dinas Kesehatan kemudian dengan Satpol PP,” kata Jeane Laluyan.

Kepala Dinas Kesehatan Manado, dr. Joy Zeekeon, menyampaikan pertanggungjawaban, tentang semua program yang telah dilaksanakan selama 2021, prosesntase capaian baik fisik maupun anggarannya.

Sedangkan Kepala Sat Pol PP, Hanny Waworuntu, menjelaskan tentang semua program yang dilaksanakan selama 2021, terutama penegakan Perda dan penertiban hal-hal yang bertentangan dengan Perda. (Kla)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here