IHSA Tetapkan Tomohon Sebagai Venue ASEAN Homestay Forum 2024

0
16
IHSA Tetapkan Tomohon Sebagai Venue ASEAN Homestay Forum 2024
IHSA Tetapkan Tomohon Sebagai Venue ASEAN Homestay Forum 2024./istimewa

SULUTIMES, Sulut – Setelah melalui proses internal organisasi perkumpulan Homestay Indonesia akhirnya Kota Tomohon ditetapkan sebagai Venue dari Event Internasional “ASEAN Homestay Forum (AHF) tahun 2024”.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Indonesia Home Stay Association (DPP IHSA) H Alvy Pongoh SE MM. Dalam pernyataan resmi Pongoh mengatakan: “DPP IHSA telah menetapkan Kota Tomohon sebagai Tuan Rumah atau Host Venue dari Event ASEAN Homestay Forum Tahun 2024,” ujarnya.

Pongoh menjelaskan bahwa proses penetapan tuan rumah event AHF tahun 2024 ini berawal dari acara Rapat Kerja Dewan Pengurus Daerah Indonesia Home Stay Association (DPD IHSA) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang dilaksanakan di Tomohon pada tanggal 24 Februari 2024.

Dimana dalam Rapat Kerja tersebut Dewan Pengurus Cabang Indonesia Home Stay Association (DPC IHSA) Kota Tomohon mengusulkan agar bisa diselenggarakan Event Internasional untuk mendukung pariwisata di Kota Bunga itu.

Selanjutnya DPC IHSA Kota Tomohon mengirimkan surat resmi kepada DPP IHSA pada tanggal 8 Maret 2024 terkait usulan Kota Tomohon sebagai Host Venue AHF 2024. Yang langsung ditindak-lanjuti oleh DPP IHSA dengan menyampaikan surat resmi kepada Walikota Tomohon pada tanggal 1 April 2024 tentang Penyelenggaraan Event AHF 2024 di Kota Tomohon pada tanggal 07-11 Agustus 2024.

Ketua Umum DPP IHSA H Alvy Pongoh dan Ketua DPD IHSA Provinsi Sulut Jelly Walansendow telah melaporkan rencana Event AHF 2024 di Kota Tomohon ini kepada Pemerintah Provinsi Sulut melalui Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulut Henry Kaitjily SH dalam pertemuan yang dilaksanakan di Grand Whiz Hotel, Manado pada tanggal 26 Maret 2024.

Setelah melaporkan rencana Event AHF 2024 kepada Dinas Pariwisata Provinsi Sulut, selanjutnya DPP IHSA, DPD IHSA Sulut dan DPC IHSA Kota Tomohon melaksanakan pertemuan dengan Kepala Dinas Pariwisata Kota Tomohon bersama jajaran pada tanggal 28 Maret 2024 bertempat di Michi No Eki, Kota Tomohon.

DPP IHSA dan DPD IHSA Sulut bersama dengan Pemerintah Kota Tomohon juga telah melakukan pertemuan audiensi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI). Dalam pertemuan tanggal 02 April 2024 di Jakarta, Ketua Umum DPP IHSA H Alvy Pongoh, Sekjen DPP IHSA M Rifni, Wakil Bendahara DPD IHSA Sulut Meyvi Lumangkun bersama Kepala Dinas Pariwisata Kota Tomohon Judhistira Siwu bertemu dengan pejabat Kemenparekraf RI.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di Lantai 14 Gedung Sapta Pesona Kantor Kemenparekraf RI, DPP IHSA, DPD IHSA Sulut dan Pemerintah Kota Tomohon yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata bertemu dan berdiskusi dengan Direktur Pengembangan Destinasi II Bambang Cahyo Murdoko yang mewakili Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf RI.

Jakas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini