Tingkatkan Kemampuan Pendidik dan Mahasiswa, BKLN Unima Gelar IT CLOS

0
19
Pembukaan kegiatan IT CLOS yang diselenggarakan BKLN Unima.(foto:ist)

 

SULUTIMES, Minahasa – Universitas Negeri Manado (Unima) melalui Badan Kerjasama Luar Negeri (BKLN) Unima bekerjasama dengan perusahaan IT berbasis di Filipina Emulate Incorporated melaksanakan kegiatan IT Course Linux Operating System (IT CLOS) di Tondano, lantai III Kantor Pusat Unima, Senin (26/2/2018) yang diikuti oleh Tenaga Pendidik dan Mahasiswa Unima.
“Program IT Course Linux Operating System ini diinsiasi oleh Rektor Universitas Negeri Manado Prof Dr Julyeta PA Runtuwene MS yang bekerjasama dengan perusahaan IT asal Filipina Emulate Incorporated  yang teknis pelaksanaannya oleh Badan Kerjasama Luar Negeri (BKLN),” ujar Pembantu Rektor IV Drs Ronny Tuna MHum mewakili Rektor Unima dalam pembukaan kegiatan.
Sementara itu, Kepala BKLN Unima Dr Mercy MF Rampengan SPi MApp Sc yang didampingi sekretaris BKLN Unima Dr Elny J Usoh SPd MLM Ed menyampaikan bahwa IT Course Linux Operating System dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan Tenaga Pendidik dan Mahasiswa Unima dalam penggunaan Sistem Operasi Linux.
“Ini merupakan sebuah perangkat lunak berupa sistem operasi pada open source yang disebarluaskan secara gratis di bawah naungan lisensi GNU (Gnu Not Unix). Software ini merupakan turunan unix yang bekerja di berbagai jenis hardware komputer. Lisensi GNU memberikan program lengkap beserta sumber kodenya (source code),” jelas Usoh.
Adapun narasumber atau tenaga pelatih dari kegiatan ini langsung dari perusahaan IT Emulate Incorporated The Philippines yakni Mr Paul Magahis dan Mr Roy Aytona.
“Setelah pelaksanaan kegiatan perusahaan IT Emulate Incorporated The Philippines memberikan sertifikat sebagai tanda lulus pelatihan sekaligus merekomendasikan untuk kursus ke tahap selanjutnya,” tutup Usoh.

 

Redaksi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini