Unima Jalin Kerjasama Dengan Dejavato Foundation dan LSM Better World

0
50
Rektor Unima Prof Dr Julyeta Paula Runtuwene MS DEA, saat menandatangani kerjasama bidang pengabdian kepada masyarakat dengan Dejavato Foundation dan LSM Better World.(ist)

SULUTIMES, Minahasa – Bukan hanya mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) handal, tetapi Universitas Negeri Manado (Unima) dibawah kepemimpinan Rektor Prof Dr Julyeta Paula Runtuwene MS menjadi jembatan dunia internasional dalam hal pengabdian kepada masyarakat. 

Buktinya, Unima menjalin kerjasama dengan Dejavato Foundation dan LSM Better World, melalui penandatanganan MoU antara Rektor Unima dan pihak Dejavato Foundation dan LSM Better World di Kantor Pusat Unima, Senin (17/9/2018).

Runtuwene menjelaskan, Dejavato dan Better World berkordinasi dengan Korea Energy (Koen) yang merupakan perusahaan listrik di Korea, dengan melibatkan tenaga suka rela dari Korea yang terdiri dari karyawan KOEN dan mahasiswa di Korea.

Kerjasama kali ini membantu pembangunan fisik sekolah berula cor lapangan basket dan cat gedung sekolah, membuat papan nama sekolah dan lainnya, dan dibidang pengajaran memperkenalkan teknologi seperti robot tenaga matahari di SMA, dan untuk SD memperkenalkan kebudayaan Korea.

“Sekolah yang dipilih ada di daerah Minahasa Selatan Desa Rap-rap, karena ada Perusahaan Listrik Tenaga Uap (PLTU) di tempat itu, yang bekerjasama dengan Koen. Tak hanya itu, MoU itu juga, bisa juga untuk kegiatan lainnya seperti bidang lingkungan dan lainnya,” ujar Runtuwene.

Lanjutnya, Unima dalam hal ini membantu memfasilitasi pemilihan lokasi, kordinasi dengan pemerintah setempat, membantu merekomendasi transportasi dan akomodasi, serta menyediakan tenaga interpreter yang melibatkan mahasiswa Unima jurusan Bahasa Inggris.

Runtuwene sendiri, mengaku sangat senang menyambut para tamu dari Koen, Dejavato Foundation dan LSM Better World.

“Kunjungan ini merupakan kehormatan besar bagi kami. Ini adalah hari penting bagi universitas kami dengan organisasi ini, untuk menyoroti kegiatan layanan sukarela yang memiliki dampak positif signifikan dalam layanan masyarakat. Ini juga merupakan bagian dari kewajiban kami sebagai akademis selain menjalankan tugas kami dalam mengajar dan meneliti,” akunya haru.

Untuk itu Runtuwene mengucapkan terima kasih kepada para pemimpin Koen, Dejavato Foundation dan LSM Better World, yang memilih Provinsi Sulut dan Unima untuk berkolaborasi dalam kegiatan layanan sukarela ini.

 

Qys

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini