Kuliah Tamu Unima, Hadirkan Narasumber Komisi Kejaksaan RI

0
13
Kuliah Tamu Program Studi Ilmu Hukum Unima.(ist)

SULUTIMES, Minahasa – Kuliah Tamu Program Studi Ilmu Hukum Universitas Negeri Manado (Unima), menghadirkan narasumber Dr Barita Simanjuntak, SH MH CFrA selaku Sekretaris Komisi Kejaksaan Republik Indonesia (RI), yang digelar di Gedung Kuliah Bersama Unima, Kamis (24/10/2019).

Kegiatan bertemakan ‘Peran Komisi Kejaksaan RI Dalam Mendorong Optimalnya Kinerja Penegakan Hukum’ dibuka oleh Rektor Unima Prof Dr Julyeta PA Runtuwene MS, langsung dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dan sertifikat dari Rektor kepada narasumber.

Narasumber kemudian menyampaikan paparan materi yang berjudul ‘Rekonstruksi Sistem Hukum di Era Milenial: Sebuah Perspektif Paradigmatik Negara Hukum Modern’ dengan moderator Dr Wenly RJ Lolong SH MH.

Dalam uraiannya, secara konseptual Simanjuntak menguraikan bagaimana perubahan pola hubungan antara hukum dan masyarakat dalam tatanan negara hukum klasik menuju negara hukum modern.
“Landasan pertimbangan yang urgensif terhadap hadirnya konsep model pelibatan masyarakat untuk melakukan pengawasan terhadap kinerja institusi negara, terutama pengawasan terhadap institusi penegak hukum,” paparnya.

Pada bagian selanjutnya Simanjuntak memaparkan tentang peran Komisi Kejaksaan RI dalam menjalankan tugas pengawasan terhadap kinerja kejaksaan maupun model-model pelibatan masyarakat dalam menjalankan tugas kerja dimaksud.

Ia juga menyampaikan harapan dalam upaya pemajuan penegakan hukum yang harus dimulai dari perguruan tinggi, sebagai elemen yang nantinya menjadi agen perubahan di dalam masyarakat. “Komisi Kejaksaan RI dalam pelaksanaan tugasnya nanti, akan menggandeng perguruan tinggi untuk melakukan kajian-kajian, yang berkaitan nantinya dengan topik optimalisasi kinerja penegakan hukum khususnya lembaga Kejaksaan RI,” kuncinya.

Kegiatan ini diikuti sekitar 600 orang, terdiri dari mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum, perwakilan BEM, Himaju dan Himapro se-Unima, unsur pimpinan Universitas dan Fakultas.

Qys

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini