SMKN I Lolak Kembali Sebar 160 Siswanya untuk Tugas PKL

0
46
Proses kegiatan pelepasan siswa PKL SMKN I Lolak oleh Kepsek Nin Paputungan.(sulutimes)

SULUTIMES, Bolmong – Dengan didampingi personil Pengawas SMA/SMK Cabang Dinas Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Toisi Makalunsenge SPd, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Nin Paputungan SPd melepas 160 siswanya dari 7 jurusan untuk mengikuti tugas Praktek Kerja Lapangan (PKL) tahun pelajaran 2019/2020, Senin (16/12/2019).

Menurut Nin Paputungan, kegiatan PKL akan berlangsung selama 5 bulan yang dibagi menjadi dua tahap, yakni untuk tahap ke-1 mulai tanggal 16-12-2019 sampai dengan 16 -03-2019, kemudian pada tahap ke-2 bulan Juni 2020 sampai dengan Agustus 2020.

“Peserta PKL ini nantinya akan tersebar di sejumlah instansi pemerintah dan perusahaan swasta yang jauh sebelumnya memang sudah ada kerjasama dengan pihak sekolah,” terang Paputungan.

Adapun pemetaan pendistribusian siswa PKL berdasarkan jurusan lanjut Paputungan antara lain, untuk Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif (TKRO) akan disebar pada sejumlah Dealer perbengkelan di Manado, jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) di sejumlah perusahan perikanan di Bitung, sedangkan jurusan managemen bisnis akan ditempatkan pada instasi pemerintah, Bank, Pabrik dan Notaris di wilayah Bolmong.

“Saat hari pelepasan, hari itu juga para siswa sudah mulai masuk praktek sesuai Instasi penempatan masing-masing,” jelasnya lagi.

Dirinya juga mempertegas kalau harapannya supaya para siswa dapat mengikuti semua kegiatan PKL secara serius guna untuk menambah pengetahuan para siswa.

“PKL adalah upaya menambah sekaligus menguji kemampuan dan keterampilan para siswa, sehingga saat lulus sekolah nanti. para alumni tidak hanya siap dari sisi pengetahuan secara teoritis, namun benar-benar menjadi tenaga siap kerja sesuai disiplin ilmunya,” tuturnya lagi.

Untuk diketahui saat berada di lapangan, para siswa tidak di lepas begitu saja oleh pihak sekolah namun sebagai bentuk kontrol juga, pihak sekolah membentuk panitia dan pada kali ini kepanitian di Ketuai Marini Mokodompit SPd MM, Sekretaris Moh Zaenal Tahwali SPd dan Bendahara Moh Ikhbal Mokoagow SPd.

 

Adri Paputungan

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here