Rektor Unima Prof Dr Julyeta P A Runtuwene MS

SULUTIMES, Minahasa – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) membuka pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mulai Jumat, 14 Februari 2020 pukul 14.00 WIB. Pendaftaran akan ditutup 27 Februari.

Siswa pendaftar tidak dipungut biaya apa pun karena biaya penyelenggaraan SNMPTN sepenuhnya ditanggung pemerintah. Berdasarkan website LTMPT, seleksi akan berlangsung 28 Februari hingga 3 April, sementara pengumuman hasil SNMPTN pada 4 April 2020. Jalur SNMPTN tidak menggunakan tes tertulis, melainkan berdasarkan prestasi siswa SMA sederajat berdasarkan rapor dan portofolio akademik.

Sekolah diberi peran dalam proses seleksi SNMPTN lewat pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa dengan lengkap dan benar. PDSS menjadi basis data LTMPT untuk seleksi siswa.

Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS dengan lengkap dan benar. Adapun siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS. Sekolah juga wajib melakukan pemeringkatan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran. Kuota siswa pendaftar SNMPTN disesuaikan dengan akreditasi sekolah. Akreditasi A mendapat jatah 40 persen siswa terbaik di sekolahnya, akreditasi B sebanyak 25 persen, dan akreditasi C hanya 5 persen.

Siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh sekolah, mendaftar SNMPTN dengan menggunakan email dan password login ke laman Portal LTMPT, yaitu http://portal.ltmpt.ac.id. Setelah berhasil masuk, pendaftar diminta mengisi biodata, pilihan perguruan tinggi negeri dan program studinya, serta mengunggah dokumen prestasi tambahan jika ada.

Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman https://www.snmptn.ac.id. Kemudian pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Terkait dengan hal ini, Rektor Universitas Negeri Manado (Unima) Prof Dr Julyeta PA Runtuwene MS melalui Humas Unima Irwany Maki, mengimbau agar siswa SMA sederajat yang telah dinyatakan eligible setelah dilakukan pemeringkatan oleh sekolah, dapat segera mulai mendaftar SNMPTN.

“Kami imbau agar siswa bijak dalam menggunakan waktu pendaftaran di awal-awal sekarang. Jangan sampai mendaftar di akhir-akhir masa pendaftaran, karena pengalaman setiap tahunnya, jika banyak siswa mendaftar di akhir masa pendaftaran akan mengalami gangguan dari sisi jaringan,” kata Rektor Jumat (14/2/2020).

Lanjut Rektor, proses pendaftaran telah dilakukan beberapa tahapan. Dari pendaftaran akun siswa dan sekolah pada 2 Desember 2019 sampai dengan 7 Februari 2020, kemudian tahapan pengisian PDSS oleh sekolah pada 13 Januari – 6 Februari 2020, dan tahapan Pemeringkatan siswa oleh sekolah pada 13 Januari – 6 Februari 2020.

“Saat ini kita masuk tahapan pendaftaran untuk jalur SNMPTN yaitu 14 – 27 Februari 2020. Sedangkan tahap akhir yaitu Pengumuman yang akan disampaikan pada 4 April 2020, ” jelasnya seraya berharap siswa SMA sederajat di Sulawesi Utara dapat segera mendaftar
SNMPTN di awal-awal masa pendaftaran. “Kami doakan semoga dapat lulus di Prodi dan PTN yang diminati,” imbuh Rektor.

Adapun tahapan pendaftaran SNMPTN sebagai berikut :
1) Siswa melakukan login melalui Portal LTMPT di laman https://portal.ltmpt.ac.id
menggunakan Akun LTMPT yang telah dibuat sebelumnya.

2) Siswa memilih menu pendaftaran SNMPTN.

3) Siswa mengisi pilihan PTN dan pilihan program studi. Pilihan paling banyak 2
program studi, dengan alternatif pemilihan: (a) memilih 2 progam studi dalam 1 PTN,
(b) memilih masingmasing 1 program studi dari 2 PTN, dan (c) memilih hanya 1
program studi pada 1 PTN.

4) Siswa yang memilih program studi seni dan olahraga harus mengunggah dokumen portofolio sesuai program studi pilihannya. Template portofolio tersedia di laman Pendaftaran SNMPTN.

5) Siswa dapat mengunggah dokumen prestasi tambahan yang dimiliki.

6) Siswa melengkapi isian data diri, identitas orang tua, dan data ekonomi keluarga.

7) Siswa mengisi data ketunaan (bila diperlukan).

8) Siswa menyetujui Pernyataan Keikutsertaan SNMPTN dengan memberi tanda centang (√) pada kolom yang tersedia.

9) Siswa melakukan Finalisasi Pendaftaran dan dilanjutkan dengan mencetak Kartu Tanda Peserta sebagai bukti Peserta SNMPTN 2020. Setelah Finalisasi dan Cetak Kartu, Siswa tidak bisa melakukan perubahan data dengan alasan apa pun.
Pendaftaran dinyatakan selesai setelah siswa melakukan pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN.

Siswa yang tidak melakukan pencetakan Kartu Tanda Peserta, dianggap tidak menyelesaikan pendaftaran dan tidak diikutsertakan pada Seleksi
SNMPTN 2020.

Siswa yang mengalami kendala teknis dalam pendaftaran SNMPTN dapat menghubungi layanan Call Center 0804 1 450 450 atau https://halo.ltmpt.ac.id, serta bisa juga datang ke kantor Humas Unima untuk mendapatkan pengarahan dan masukan.

Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here