Senat Unsrat Bentuk Panitia Pemilihan Ulang Rektor sesuai Arahan Kemendikbudristek

0
18

SULUTIMES, Pendidikan – Senat Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) yang dipimpin Ketua Prof Dr Paulus Kindangen SU MA dan Sekretaris Prof dr Jimmy Posangi MSc PhD Sp FK menggelar Rapat Pleno Senat Akademik, di gedung rektorat, Selasa (18/10/2022).

Rapat Pleno Senat ini menindaklanjuti arahan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Prof Ir Nizam MSc DIC PhD IPU Asean Eng dan Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian, Riset, dan Pendidikan Tinggi Dr Chatarina Muliana Girsang, dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia (RI), pada Rapat Pleno Senat Unsrat, Rabu (12/10/2022) lalu.

Rapat Pleno juga dihadiri oleh Rektor Prof Dr Ellen Joan Kumaat MSc DEA IPU dan seluruh anggota Senat serta telah menetapkan Panitia Pemilihan yang akan dimulai dengan penjaringan sebagaimana Peraturan Mendikbudristek Nomor 19 Tahun 2017.

Sebelumnya, Dirjen dalam arahannya mengatakan pemilihan ulang segera saja dilaksanakan mulai dari penjaringan dan penyaringan sesuai peraturan menteri.

“Semua harus menaati dan menghormati proses pemilihan secara nornatif. Hentikan cara-cara lapor-melapor yang tidak benar dan tidak faktual,” ucap Dirjen.

Sementara itu Irjen menekankan agar menghentikan cara-cara yang tidak terhormat dan bertentangan dengan hukum dalam proses pemilihan ulang rektor.

“Hentikan cara-cara yang tidak terhormat dan bertentangan dengan hukum dalam proses pemilihan ulang rektor,” ujar Irjen.

Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA yang hadir pada rapat pleno tersebut, juga sangat mendukung arahan Dirjen dan Irjen agar pemilihan ulang berlangsung normatif, lancar dan saling menghormati dalam kontestasi.
“Lebih cepat terpilihnya rektor baru lebih baik,” katanya.

Diketahui, Rapat Senat ini akan dilanjutkan, Jumat (21/10/2022), antara lain membahas tahapan jadwal penjaringan, penyaringan dan pemilihan Rektor Unsrat berikutnya.

Jakas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini