Prof Dr Ir Oktovian Berty Alexander Sompie MEng Resmi Rektor Unsrat Periode 2022-2026

0
129

SULUTIMES, Jakarta – Prof Dr Ir Oktovian Berty Alexander Sompie MEng resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), untuk periode 2022-2026.

Upacara pelantikan dipimpin oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia (RI) di Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Diketahui, selain Rektor Unsrat, ada sejumlah pimpinan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ikut dilantik.

Sekjen Kemendikbudristek Ir Suharti MA MPd mengingatkan ada tanggung jawab yang besar bagi para Rektor yang baru dilantik.

“Tugas kita membawa perguruan tinggi yang bisa menghasilkan lulusan yang berkompeten. Tidak hanya sekadar lulus tapi bisa mendorong kesejahteraan bangsa,” katanya, pada kesempatan sambutan.

Ir Suharti juga berpesan agar Kampus menjadi tempat belajar yang aman dan nyaman. “Kampus harus mencegah dan menangani berbagai macam kekerasan, perundungan dan intoleransi di satuan pendidikan,” katanya.

Sebagai lembaga pendidikan, PTN juga mendapat kepercayaan dalam hal pengelolaan anggaran yang sangat besar.

Sekjen pun merinci bahwa pada Tahun 2023, anggaran pendidikan mencapai Rp.628 triliun dan perguruan tinggi dijatah 13 persen atau sekitar 80 triliun.

“Bagaimana kita memanfaatkan anggaran itu efektif, efisien dan akuntabel,” tukasnya dan juga ikut mengingatkan akan pentingnya kolaborasi dan gotong royong.

Upacara pelantikan Rektor Unsrat itu turut diwarnai serah terima jabatan dari Rektor sebelumnya, Prof Dr Ir Ellen J Kumaat MSc DEA kepada Prof Dr Ir Oktovian Berty Alaxander Sompie MEng.

Usai dilantik, Sompie mengucapkan terima kasih atas dukungan semua civitas akademik Unsrat, yang telah mempercayakan dirinya sebagai Rektor.

Dia mengajak civitas akademika agar bergandeng tangan untuk membawa Unsrat makin maju.

“Saya akan melanjutkan langkah maju Prof Ellen Kumaat. Misinya tentu menjadikan Unsrat Perguruan Tinggi kelas internasional,” ucap Sompie.

Adapun Prof Dr Ir Ellen J Kumaat MSc DEA, telah mengakhiri jabatannya sebagai Rektor Unsrat, terhitung, Rabu 21 Desember 2022.

“Saya, Ellen Kumaat, boleh mengakhiri tugas sebagai Rektor Unsrat secara terhormat. Terima kasih tak terhingga atas kepercayaan Kemdikbudristek sebagai Rektor 2014 – 2022, dan kepada kolega, teman, sahabat, rekan sekerja di Unsrat atas dukungan dan kerjasamanya,” ujarnya.

“Banyak selamat untuk Rektor Unsrat terpilih Prof Dr. Ir. Berti O. A. Sompie, semoga Unsrat makin maju dan berjaya. Saya akan terus melanjutkan tugas sebagai pendidik, Guru Besar,” tambahnya.

Terpantau, sejumlah pimpinan tinggi dari Unsrat turut menyaksikan pelantikan secara langsung.

Mereka diantaranya, Ketua Senat Unsrat Prof Dr Paulus Kindangen SE SU MA, Dekan Fakultas Pertanian Dr Ir Dedie Tooy MSi, mantan Rektor Unsrat 2008-2014 Prof Dr Donald Rumokoy SH MH dan istri Prof Dr Telly Sumbu SH MH, Guru Besar Fakultas Teknik Prof Dr Ir Hyerico Manalip.

Selanjutnya, Mantan Dekan Fakultas Hukum Dr Flora Kalalo SH MH, Guru Besar Fakultas Teknik sekaligus mantan Dekan Fatek Prof Dr Ir Dody Sumajow, Staf Khusus Gubernur Sulut Hendrik Manossoh SE MSi Ak; Akademisi FEB Dr Oldy Rotinsulu, Akademisi Fakultas Hukum, Dr Tommy Sumakul dan Staf Khusus Gubernur Sulut Jemmy Mokolensang.

Jakas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini