Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unima Sukses Jalani Proses Akreditasi Internasional dari FIBAA

0
54
Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unima Sukses Jalani Proses Akreditasi Internasional dari FIBAA
Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unima Sukses Jalani Proses Akreditasi Internasional dari FIBAA./istimewa

SULUTIMES, Pendidikan – Berlangsung selama tiga hari, 4-6 Maret 2024, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menjalani proses akreditasi internasional oleh FIBAA.

Diketahui, Tim FIBAA yang beranggotakan Prof Juliane House, Prof Doris Feldmann, Prof Rudi Camarer, Prof Diah Ariani Arimbi, Elisa Knief (perwakilan mahasiswa), Yelena Istileulova, & Lisa Lubomierski (Technical Support FIBAA) melakukan interview terhadap berbagai elemen dari tingkat program studi, fakultas dan universitas.

Dalam interview selama 3 hari, tim panel FIBAA mendapatkan kesan positif terhadap Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Universitas Negeri Manado.

Pada hari pertama 4 Maret 2024, proses akreditasi internasional diawali dengan presentasi Rektor UNIMA Prof Dr Deitje A Katuuk MPd terkait profil, visi, misi dan tujuan serta rencana strategis UNIMA.

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unima Sukses Jalani Proses Akreditasi Internasional dari FIBAA

Dalam presentasinya, Rektor didampingi Prof Dr Orbanus Naharia MSi (Wakil Rektor I), Prof Dr Sanusi Gugule MSi (Wakil Rektor 2), Dr Donal Ratu SPd MHum (Wakil Rektor III), Dr Ignatius J C Tuerah SS MPd (Dekan FBS UNIMA), Prof Dr Gidion Maru MHum (Wakil Dekan I FBS UNIMA), Drs Jans Mangare MPd (Wakil Dekan II FBS UNIMA), Drs Arie Tulus MPd (Wakil Dekan III FBS UNIMA), Dr Patricia Silangen SPd MSi dan Dr Alfonds Maramis MSi (LPPPM), Dr Armstrong Sompotan (LPPM), Dr Jaene Tuilan MPd (BKLN), Dr Justine Wuysang (UPA Perpustakaan), Dr Meidy Kantohe (UPA Pengembangan Karir dan Kewirausahaan) dan Prof Nihta V F Liando MA PhD (Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris). Tim panel FIBAA memberikan kesan yang baik terhadap presentasi rektor karena memberikan gambaran yang baik tentang UNIMA secara umum.

Setelah diawali dengan presentasi rektor, proses akreditasi internasional dilanjutkan dengan interview terhadap pihak program studi pendidikan Bahasa Inggris. Pihak program studi diwakili oleh Prof Nihta V F Liando MA PhD (Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris), Prof Dr Gidion Maru MHum (Wakil Dekan I FBS UNIMA), dan tim taskforce Tirza Kumayas MHum, Ismail MHum, Herminus E Pabur MPd.

Di balik layar, tim program studi mendapatkan dukungan dari Rinny Rorimpandey MPd (Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris), Fergina Lengkoan MPd, Muh Ilham Ali MPd, Sabrina W J Husain MPd (Tim Taskforce), dan Valentino Tangkau MAP (Kabag FBS UNIMA).

Hari kedua difokuskan pada interview terhadap dosen, mahasiswa dan alumni. Para Dosen diwakili oleh Prof Dr Gidion Maru MHum, Dr Jaene Tuilan MPd, Dr Olga Rorintulus MHum MA, Dr Livianni Lambe SS MPd, Deisy Batunan MPd, dan Yapi Wongkar MHum. Pihak alumni diwakili oleh Chairil Anwar Korompot PhD, Graise Kabuhung MTESOL, Vidi Sampow SPd, Ferdy Maengkom SPd, dan Samuel Lasut SPd. Pihak mahasiswa diwakili oleh Angel Sumendap, Anand Darmaputra, Crissela Bawole, Albert Christian Nattan, Naftalya Wurangian, dan Jueneva Putri Rampengan.

Fokus interview pada hari kedua adalah tentang proses pembelajaran dari sudut pandang dosen, mahasiswa dan alumni. Dalam wawancara hari kedua tim panel FIBAA terkesan dengan kesan positif yang diungkapkan oleh para mahasiswa dan alumni.

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unima Sukses Jalani Proses Akreditasi Internasional dari FIBAA

Pada hari ketiga, wawancara difokuskan pada bidang administratif dan pihak ketiga (pengguna lulusan). Tim panel FIBAA melakukan interview terhadap pihak dari UNIMA yang diwakili oleh Prof Dr Sanusi Gugule MSi (Wakil Rektor II), Dr Donal Ratu SPd MHum (Wakil Rektor III), Dr Alfonds Maramis MSi (LPPPM), Dr Jaene Tuilan MPd (BKLN), Dr Justine Wuysang (UPA Perpustakaan), dan Dr Meidy Kantohe (UPA Pengembangan Karir dan Kewirausahaan).

Pihak ketiga (pengguna lulusan) diwaliki oleh Maria Walukow SPd MHum (Kepala Sekolah SMAN 1 Tomohon) dan Drs Jemmy Jermias (Kepala Sekolah SMAN 1 Manado). Setelah wawancara, proses akreditasi diakhiri dengan rekomendasi dan kesan dari Tim Panel FIBAA sesuai dengan hasil interview selama 3 hari.

Pada hari terakhir 6 Maret 2024, proses akreditasi diakhiri dengan ucapan terima kasih rektor kepada Tim Panel FIBAA dan semua pihak yang terlibat aktif dalam proses akreditasi internasional, terutama bagi program studi Pendidikan Bahasa Inggris yang sudah mengambil langkah berani dengan menjadi program studi pertama dari UNIMA yang mengajukan diri untuk diakreditasi secara Internasional.

Apresiasi Rektor Unima Prof Deitje Katuuk juga diberikan kepada pimpinan Fakultas yang telah membantu program studi dalam segala proses persiapan hingga proses akreditasi internasional.

Redaksi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini