Harga Kopra Anjlok, Lombok Minta Pemerintah Segera Carikan Solusi

0
19
Billy Lombok

SULUTIMES, Sulut – Hasil reses anggota DPRD Sulut Billy Lombok SH beberapa waktu lalu disampaikannya dihadapan rapat paripurna buka tutup masa sidang, laporan alat kelengkapan dewan, dan hasil reses DPRD Provinsi Sulut, Selasa (5/6/2018) di ruang rapat DPRD Sulut.
Sebagai juru bicara anggota DPRD Sulut dapil Minsel-Mitra mengungkapkan temuannya dalam reses bahwa harga kopra saat ini menukik tajam sekitar Rp. 5.000/kilo.
“Ini tentunya sangat memukul perekonomian masyarakat dan membuat meradang wakil rakyat,” ujarnya.
Untuk itu lanjut Lombok, pemerintah harus segera mencarikan solusi terkait anjloknya harga kopra ini.
“Aspirasi kami, yang kami dapat dari daerah pemilihan akan kami serahkan, tapi ada yang perlu dijelaskan, dicarikan solusi oleh pemerintah, kopra saat reses seharga Rp. 6.800 ini pun sudah sangat rendah, saat ini sudah Rp. 5.000, kami harapkan pemerintah melihat dampak ekonomi ini,” pinta Lombok.
Sementara itu Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw yang hadir dalam rapat paripurna ini memberikan penjelasan bahwa ini ada mekanisme harga pasar.
“Oleh bapak gubernur telah diadakan pertemuan dengan para pengusaha, bahwa sulut dibanjiri dengan produk kopra dari maluku, ternate, hingga mekanisme pasar berlaku, hasil kopra jadi begitu banyak. Dan tentu saja pemerintah terus akan mencari solusi,” ucap Kandouw seraya memberikan apresiasi atas penyampaian yang menggaris bawahi kepentingan rakyat ini.
Usai rapat paripurna, Lombok pun memberikan apresiasi atas respon dari pemerintah, namun menurutnya apresiasi itu belum utuh apabila belum ada tindaklanjutnya.
“Ada mekanisme pasar, tapi juga ada mekanisme intervensi pemerintah, alur yang dijelaskan bapak wakil gubernur tadi sudah dapat dipahami dan perlu petani tahu, tapi petani tentu mengharapkan solusi, solusi perdagangan diatur sedemikian rupa hingga kepentingan petani sulut tercover,” tegas Pnt Billy Lombok kepada sulutimes.com.

 

Jakas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini