Nilai BB, Lumentut Terima SAKIP dari MenPAN-RB

0
11
MenPAN-RB Asman Abnur menyerahkan piagam SAKIP kepada Walikota Manado Vicky Lumentut.

 

SULUTIMES, Manado – Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) merupakan alat kontrol pimpinan yang tepat terhadap kinerja bawahan di lingkungan birokrasi.
Manfaat SAKIP dapat mengukur kinerja pemerintah provinsi dan SKPD, juga sebagai fungsi manajemen, promosi, mutasi dan rotasi.
Selain itu menjadi outcome keberhasilan pembangunan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dan SKPD bisa terukur tingkat efektifitas dan afisiensi kinerja pegawai dan akuntabilitas menjadi lebih baik untuk menjadi dasar pemberian reward dan punishment.
Terkait hal ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memberikan penghargaan kepada sejumlah Kabupaten/Kota yang dinilai berhasil menerapkan SAKIP, salah satunya Kota Manado.
Yang lebih membanggakan lagi, penghargaan SAKIP yang diserahkan langsung oleh Menteri PAN-RB Dr Asman Abnur SE MSi dan diterima langsung oleh Walikota Manado Dr Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA di Ball Room Hotel Tentrem Jogjakarta, Selasa (13/02/2018), Kota Manado mendapat penilaian BB.
Sebelum dilakukan penyerahan, Walikota Vicky Lumentut bersama Bupati Banggai H Herwin Yatim dan perwakilan Pemerintah Provinsi Jogjakarta terlibat Talk Show yang dipandu komedian cerdas Jogjakarta Den Bagus.
Dihadapan Bupati, Walikota serta perwakilan Pemerintah Propinsi se Indonesia itu, Walikota Vicky Lumentut memaparkan strategi yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dalam meraih nilai terbaik penilaian SAKIP.
“Ketika saya masuk di Kota Manado tahun 2010 lalu, nilai SAKIP kami tidak bagus yakni D. Saya lalu bertekad untuk memperbaiki nilai yang jelek itu, dengan melakukan konsultasi dengan Kementerian PAN-RB serta melaksanakan perbaikan disana-sini dengan memperbaiki kinerja aparatur di Pemkot Manado,” ujar orang nomor satu di Manado itu.
Menurutnya, dengan adanya perbaikan dalam sistem pemerintahan, perlahan-perlahan mulai terjadi perubahan yang berpengaruh pada penilaian SAKIP.
“Dengan kerja keras yang dilakukan, nilai kami bisa diperbaiki dari D kemudian C, CC dan akhirnya dapat nilai B selama empat tahun berturut-turut,” tukas Walikota terbaik se-Indonesia itu. Sementara itu, dalam sambutannya Menpan-RB Asman Abnur memuji langkah Kota Manado menjadi kota pariwisata.
“Kota Manado sekarang ini sangat baik sedang menjadi salah satu kota pariwisata di Indonesia, Karena itu, perbaikan terus dilakukan Kota Manado terutama dalam peningkatan kinerja aparaturnya,” ujar Abnur.
Acara penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah dihadiri para kepala dan perwakilan Propinsi, Kabupaten dan kota di wilayah III se-Sulawesi, Jawa Tengah, Jogjakarta, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.
Sementara itu, Provinsi Sulawesi Utara kembali meraih nilai B, sedangkan nilai A satu-satunya kembali diberikan kepada Propinsi Jogjakarta yang diterima langsung Gubernur Jogjakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X.
Tampak mendampingi Walikota Lumentut dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbang) Kota Manado Dr Liny Tambajong, Kabag Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Daerah Drs Inov Walelang serta Kabag Pemerintahan dan Humas Steven Runtuwene SSos.

Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here