Tembus, Sawangan-Kuwil 10 Menit, Warga Salut ODSK Buktikan Bangun Infrastruktur

0
35
Ruas jalan Sawangan-Kuil yang sementara dikerjakan.(sulutimes)

SULUTIMES, Sulut – Setelah dinantikan selang setahun, akhirnya infrastruktur jalan yang menghubungkan Desa Sawangan Minahasa-Desa Kuwil Minahasa Utara sebentar lagi bakal bisa dilalui. 

Diketahui, pelebaran jalan dari Desa Kuwil menuju Desa Sawangan sebagai bagian dari rencana pembangunan jalan yang menghubungkan ruas jalan Desa Kolongan-Desa KuwiI-Desa Sawangan.

Proyek jalan dengan bentangan lebar 9 meter berbandrol 34 Miliar yang berasal dari APBD Sulut ini tinggal menyisahkan sebuah jembatan diujung desa Kuil.

Hal ini terpantau sulutimes.com pasca melihat langsung pekerjaan pembangunan jalan sepanjang 4,5 kilometer tersebut, Senin (14/10/2019).

Salah satu pekerja yang ditemui dilokasi pembangunan jalan Sawangan-Kuil mengatakan selain sisa satu jembatan yang akan rampung, dibeberapa meter jalan masih juga akan dilakukan pengaspalan.

“Masih ada beberapa meter ruas jalan yang akan diaspal. Jika tidak ada hambatan lain, akhir bulan November atau awal bulan Desember semua rampung 100 persen bisa dilewati,” ujarnya.

Salah satu warga Desa Sawangan Brucelee Ngantung merasa senang dengan akses jalan yang telah dibuka tersebut.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey bertatap muka bersama warga desa Kuwil, Sabtu (21/9/2019) lalu.(dok)

“Secara langsung ini menyentuh sendi perekonomian kedua desa. Selain jadi jalur alternatif perdagangan yang menghubungkan kabupaten-kota-kabupaten, penduduk desa yang memiliki kebun dijalur tersebut terbantu akses menuju kebun jadi mudah sehingga untuk memetik hasil tidak susah-susah lagi memakai kendaraan manual (roda sapi,red), tapi bisa langsung dengan kendaraan baik motor maupun mobil. Jadinya lebih efektif dan efisien waktu,” akunya.

“Pun jarak tempuh ke Airmadidi hanya akan memakan waktu 15-20 menit. Kami warga desa sangat salut dengan kepedulian pak Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw terkait peningkatan infrastruktur terlebih khusus jalan-jalan penghubung,” tambah petani yang juga salah satu Pelsus di Jemaat GMIM Petra Sawangan ini.

Sementara itu, pada medio September 2019 lalu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey menemui warga desa Kuwil untuk membicarakan perampungan jalan penghubung ini.

Dalam pertemuan yang penuh kekeluargaan tersebut di balai desa Kuwil, Sabtu (21/9/2019) lalu, Gubernur OD menerangkan jika pelebaran jalan telah selesai bakal membawa keuntungan dari sisi perekonomian bagi masyarakat lantaran proyek jalan selebar 9 meter ini termasuk akses ke objek pariwisata Waduk KuwiI-Desa Kawangkoan.

“Tentunya pelebaran jalan ini mendatangkan keuntungan bagi warga desa dan masyarakat lainnya. Ini pula bagian dari program pemerintah untuk peningkatan infrastruktur dalam menunjang perekonomian Provinsi Sulut,” ujar Olly pada kesempatan itu.

 

Jakas

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here