Peran Jejak Bambu dari Masa ke Masa Siap Dipamerkan

0
40
Rapat pemantapan pameran Jejak Bambu dari Masa ke Masa yang digelar Disbud Sulut.(ist)

SULUTIMES, Sulut – Sulawesi Utara merupakan salah satu daerah yang kaya akan berbagai jenis Bambu. 

Bambu pun sejak dahulu hingga kini mempunyai peran yang penting dalam kehidupan masyarakat bumi nyiur melambai.

Akan hal ini, langkah kongkrit diambil Dinas Kebudayaan Daerah (Disbud) Provinsi Sulawesi Utara dengan semakin memantapkan persiapan jelang pelaksanaan hajatan akbar Pameran Jejak Bambu dari Masa ke Masa Tahun 2019.

Rapat pemantapan akhir yang dilaksanakan, Senin (18/11/2019) di Aula Kantor Disbud Sulut, dipimpin langsung Kepala Dinas Fery RJ Sangian SSos MAP dan diikuti seluruh ASN dan THL.

Diketahui, pameran yang mengangkat tema Jejak Bambu dari masa ke masa ini menyorot peranan bambu bagi kehidupan manusia, terutama bagi masyarakat Sulawesi Utara.

“Pameran ini menurut rencana akan dibuka oleh Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw Selasa 19 November 2019 pukul 09.00 di Kompleks Halaman Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Utara,” terang Sangian saat itu.

Lanjut Sangian, bambu sendiri telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat di Sulut. Tetengkoren, pitate, tolu, sosiru, sperak, dodorobe, nasi jaha, kower, musik bambu melulu, adalah beberapa produk kebudayaan yang cukup dikenal dan masih lestari sampai saat ini.

“Harapan kami, melalui pameran ini bambu semakin dicintai dan dilestarikan di tengah kehidupan masyarakat post modern,” pungkasnya.

Jakas

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here