Mantan Sekum GMIM Menguat Dampingi VAP

0
577
Mantan Sekum GMIM Menguat Dampingi VAP
Vonnie A Panambunan dan Pdt Hendry Runtuwene

SULUTIMES, Sulut – Nama Pdt Dr Hendry Runtuwene STh MSi akhir-akhir ini hangat dibicarakan.

Pasalnya, mantan Sekretaris Umum (Sekum) Sinode GMIM ini digadang-gadang bakal menjadi calon di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sulut 9 Desember 2020 nanti.

Mengemukanya nama Pdt Hendry yaitu bakal mendampingi Calon Gubernur Sulut hasil rekomendasi Partai Nasdem, Vonnie Anneke Panambunan (VAP).

Hal ini pun mendapat respon positif sejumlah kalangan baik tokoh masyarakat maupun tokoh agama termasuk kalangan Pelayan Khusus (Pelsus) GMIM.
Dimata mereka, masuknya nama Hendri Runtewene semakin memperkuat dan mempertegas sikap GMIM sebagai sebuah lembaga untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan bangsa.

Pernyataan ini seperti disampaikan mantan pelayan khusus di wilayah Manado Timur III Drs Handri Nusantara Ganap. Menurutnya, harus diakui bahwa warga GMIM semenjak 20 tahun terakhir sudah berperan aktif dalam pembangunan bangsa termasuk banyaknya warga gereja yang tercatat sebagai anggota legislatif di kabupaten/kota maupun DPRD provinsi Sulut.

“Saya bisa mengatakan bahwa, lebih dari 40 persen anggota legislatif di Sulut hasil pemilu 2019 lalu adalah warga GMIM. Ini adalah bukti nyata bahwa GMIM peduli terhadap pembangunan bangsa,” ucap mantan Kepala Desa (kini Lurah,red) di salah satu kelurahan di Kecamatan Mapanget ini.

Hanya saja menurut pensiunan salah satu kepala sekolah di Manado ini, harus diakui bahwa beberapa kali momentum pemilu termasuk pemilu tahun 2019 lalu, warga GMIM masih belum kompak dan solid untuk mengutus warganya meraih kursi di senayan.

“Saya harus jujur mengatakan bahwa, saya sedih di pemilu 2019 lalu, karena kita gagal mendorong kader-kader terbaik kita ke DPD, termasuk mantan ketua sinode GMIM yang gagal meraih tiket ke senayan dari jalur DPD,” beber pria yang mengaku pernah bertugas sebagai Guru di salah satu sekolah di pulau Lembeh, kota Bitung ini.

Untuk itu, menjadi sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi GMIM, jika dalam pilkada tahun 2020 ini banyak bermunculan warga-warga GMIM yang akan berpartisipasi langsung dalam pilkada, termasuk bakal hadirnya mantan Sekum Sinode GMIM Pendeta Hendry Runtuwene.

“Jika biasanya hanya penatua atau syamas yang tercatat sebagai konstestan, kini hadir sosok seorang Pendeta GMIM. Ini bukti bahwa kita berlimpah SDM dan siap di pakai dalam pengabdian kepada bangsa dan negara,” beber Ganap dalam sebuah diskusi.

Sementara itu, perkembangan terbaru dari internal DPP Partai Nasdem menyebutkan bahwa, DPP terus menggodok 2 nama yang dipastikan akan mendampingi VAP dalam pilkada 9 Desember 2020 mendatang. Selain nama Pendeta Hendry Runtuwene, nama Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut (GSVL) yang juga Ketua PKB Sinode GMIM ikut menjadi salah satu naminator.

“Tinggal 2 nama. Pendeta Hendry (Hendri Runtuwene,red) atau Pak Lumentut (GSVL,red),” beber Wakil Ketua DPD Nasdem Kabupaten Minut Jaya Luntungan.

 

Jakas/*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here