Berbagai Rangkaian Kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 Digelar Pemprov Sulut Sesuai Protokol Covid-19

0
6
Berbagai Rangkaian Kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 Digelar Pemprov Sulut Sesuai Protokol Covid-19
Gubernur Sulut Olly Dondokambey

SULUTIMES, Sulut – Puncak perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Provinsi Sulawesi Utara, Senin (17/08/2020) di pusatkan di Lapangan Kantor Gubernur Sulut pagi tadi tidak hanya di tandai upacara peringatan detik-detik proklamasi, tetapi banyak rangkaian kegiatan dilakukan.

HUT Kemerdekaan RI ke 75 Bangkitkan Spirit Patriotisme di Tengah Pandemi Covid 19
Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama isteri Rita Dondokambey-Tamuntuan dan Wagub Steven Kandouw bersama isteri Devi Kandouw-Tanos.(ist)

Setelah pelaksanaan upacara detik-detik Proklamasi, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey  didampingi Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, menerima piagam penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) atas prestasi Pemprov Sulut dengan capaian response rate tertinggi ketiga nasional dalam Sensus Penduduk Online (SPO) tahun 2020 yang digelar pada tanggal 5 Februari hingga 29 Mei 2020 lalu.

Diketahui, akurasi data kependudukan merupakan kunci suksesnya pelaksanaan suatu program. Karena itu, Pemprov Sulut sejak awal berkomitmen mendukung kelancaran berbagai program sensus yang dilaksanakan BPS.

Selain itu, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dana pemerintah pusat senilai Rp 1 triliun dalam rangka pemulihan ekonomi melalui Bank SulutGo.

Berbagai Rangkaian Kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 Digelar Pemprov Sulut Sesuai Protokol Covid-19

Tak hanya itu, Pemprov Sulut melalui Biro Kesra memberikan bantuan dana kepada anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) sebesar Rp 300 juta dengan rincian Rp 500 ribu/orang untuk 600 anggota LVRI Sulut.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey secara simbolis menyerahkan bantuan tersebut kepada Ketua LVRI Sulut Kolonel (Purn) Boyke Kambey.

“Tanpa dukungan para veteran yang telah berjuang merebut kemerdekaan, kita bukanlah apa-apa,” kata Olly.

Olly menuturkan, kemerdekaan yang masyarakat rasakan saat ini, merupakan kemerdekaan yang diperoleh melalui keringat, darah, dan air mata, bahkan nyawa para pahlawan serta veteran pejuang kemerdekaan.

“Jangan pernah melupakan jasa-jasa para pahlawan,” ucap Olly.

Berbagai Rangkaian Kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 Digelar Pemprov Sulut Sesuai Protokol Covid-19

Adapun, penyerahan bantuan kepada anggota LVRI turut dihadiri jajaran Forkopimda, Ketua TP PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw, Wakil Ketua TP PKK yang juga Karo Kesra Kartika Devi Kandouw-Tanos dan Sekdaprov Edwin Silangen.

Masih di momen puncak peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw menyerahkan remisi HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Rumah Dinas Gubernuran Bumi Beringin, Senin (17/8/2020).

Secara simbolis, Wagub Kandouw menyerahkan SK pemberian remisi kepada 2 perwakilan warga binaan Lapas yaitu Charlos Lumanauw Bin Ayurin Lalu dan Mervil Tampi Bin Jeni Tampi yang disaksikan secara virtual oleh Menkumham Republik Indonesia Yasonna Laoly.

Terdapat 1.407 narapidana di Lapas yang mendapatkan remisi umum HUT ke-75 RI Wagub Steven mengapresiasi pemberian remisi bertepatan dengan HUT RI.

“Ini suatu hal yang menurut hemat saya ritual yang bagus sekali di momentum proklamasi anak-anak bangsa yang melakukan kesalahan diberikan remisi oleh Menkumham dalam satu momentum yang memberi nilai lebih tidak hanya bagi saudara-saudara kita itu tapi untuk kita semua,” kata Kandouw.

Berbagai Rangkaian Kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 Digelar Pemprov Sulut Sesuai Protokol Covid-19

Menurut Kandouw, kegiatan ini sebagai bukti kehadiran negara bagi semua lapisan masyarakat di Indonesia.

“Bahwa negara itu hadir pada siapa saja, bukan hanya bagi kita-kita tapi juga untuk saudara kita yang melaksanakan rehabilitasi,” ujarnya.

Di Sulut berdasarkan data dari Kakanwil Kemenkumham Sulut Lumaksono menyebutkan bahwa narapidana yang menerima remisi berjumlah 1.407 orang.

Dengan rincian remisi satu bulan berjumlah 281 orang, remisi dua bulan berjumlah 189 orang, remisi tiga bulan berjumlah 385 orang, remisi empat bulan berjumlah 304 orang, remisi lima bulan berjumlah 211 orang dan remisi enam bulan berjumlah 26 orang. Sementara untuk kategori RU berjumlah 5 orang. Dan remisi umum berjumlah 15 orang.

Sementara itu, sebelum puncak peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey kukuhkan 10 anggota Parkibraka tingkat Provinsi Sulut.

Berbagai Rangkaian Kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 Digelar Pemprov Sulut Sesuai Protokol Covid-19

Ada sepuluh pelajar SMA dari berbagai sekolah yang terpilih jadi Paskibraka di upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI di tingkat Provinsi Sulawesi Utara.

Upacara HUT ke-75 RI yang digelar di Lapangan Kantor Gubernur, Senin, 17 Agustus 2020 berbeda dengan upacara di tahun-tahun sebelumnya.

Pasalnya, 10 Paskibraka yang bertugas di tahun 2020 merupakan Paskibraka tahun 2019 yang kembali bertugas mengibarkan dan menurunkan sang merah putih dalam upacara HUT ke-75 RI Tingkat Provinsi Sulut.

Hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 masih mengancam masyarakat sehingga jumlah pasukan dibatasi demi menghindari adanya kerumunan.

 

ADVETORIAL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here