Sulut Miliki SMK Negeri Pariwisata

0
111
Sulut Miliki SMK Negeri Pariwisata
NAMPAK: Gubernur Sulut Olly Dondokambey meletakan batu pertama pembangunan SMK Negeri Pariwisata Manado./istimewa

SULUTIMES, Sulut – Menciptakan SDM handal bidang Pariwisata di Sulut menjadi salah satu tujuan dari program Gubernur Sulut Olly Dondokambey untuk meningkatkan pariwisata Sulut.

Buktinya, berkat loby Gubernur Olly, dari 34 provinsi se Indonesia hanya dua provinsi yang masuk penerima bantuan perencanaan pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SMK Negeri Pariwisata yaitu Provinsi Sulawesi Utara dan Sumatera Utara.

Kepastian pembangunan gedung SMK Negeri Pariwisata Manado pun di mulai. Di mana, Gubernur Olly meletakan batu pertama pembangunan sekolah yang didirikan di Kayuwatu Manado, Selasa (25/8/2020).

Dalam sambutanya, Gubernur mengatakan gedung SMK Negeri Pariwisata Manado harus benar-benar di bangun sesuai konstruksi yang baik, tidak asal-asalan dan tetap mempertimbangkan kondisi lahan dan lingkungan.

“Jangan asal bangun, lahannya harus benar-benar siap, baru bangun, termasuk harus memperhatikan lingkungan,” tuturnya.

Sulut Miliki SMK Negeri Pariwisata
Pembangunan SMK Negeri Pariwisata Manado diawali dengan ibadah./istimewa

Gubernur Olly juga minta agar konstruksi bangunan dikoordinasikan dengan pihak PU agar hasilnya benar-benar sesuai rencana.

“Saya berharap, pembangunan ini laksanakan sesuai rencana yang matang, sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung masyarakat, terlebih guna meningkatkan SDM di Sulut,” ucap Gubernur Olly.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut dr Grace Punuh MKes melaporkan bahwa dari 7 Provinsi yang masuk dalam perencanaan mendapatkan bantuan untuk sekolah kejuruan dari Kemendikbud RI, namun hanya 2 Provinsi yang mendapat persetujuan yakni Sulawesi Utara dan Sumatera Utara.

“Ini merupakan hasil lobi pak Gubernur Olly Dondokambey SE. Untuk itu, kami jajaran pendidikan dan masyarakat Sulut berterimakasih kepada pak Gubernur Olly Dondokambey SE dan pak Wagub Drs Steven OE Kandouw, sebagai bukti serius dalam membangun SDM Pariwisata, khususnya demi menunjang KEK Pariwisata Likupang,” jelasnya.

“Sesuai rencana, pembangunan tahap pertama akan rampung pada 31 Desember 2020 atau 150 hari kalender. Sedangkan sumber dana berasal dari APBN 2020,” ungkap Punuh.

Peletakan batu pertama ini dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Pemprov Sulut Drs Edison Humiang MSi, jajaran Dinas Dikda Sulut dan para Kepala SMA/SMK/sederajat.

 

Jakas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here