Tonaas Wangko Lendi Wangke Kembali Nahkodai Brigade Manguni Indonesia

0
622
Tonaas Wangko Lendi Wangke Kembali Nahkodai Brigade Manguni Indonesia
Tonaas Wangko Lendi Wangke Kembali Nahkodai Brigade Manguni Indonesia./istimewa

SULUTIMES, Minahasa – Setelah memimpin Ormas Adat Brigade Manguni Indonesia (BMI) periode 2018-2023 lewat Musyawarah Adat Wangko Nasional Luar Biasa (Musawangnaslub) di Lagon Tamansari Bahu Mall, 25 Mei 2018 lalu.

Kini Lendi Wangke kembali dipercayakan untuk mengusung gelar Tonaas Wangko Brigade Manguni Indonesia (BMI) periode 2020-2025 lewat Musyawarah Adat Wangko Nasional (Musawangnas) ke-V yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Wale Ne Tou Tondano, Minahasa, Sabtu (22/8/2020).

Kegiatan Musawangnas BMI yang di buka Steven Liow kepala badan KESBANGPOL Sulut, mewakili Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dalam sambutannya mengatakan Brigade Manguni Indonesia sebagai Ormas Adat selama ini turut memberikan kontribusi positif bagi pemerintah provinsi Sulawesi Utara.

“Untuk kedepannya Brigade Manguni Indonesia sebagai Ormas Adat agar dapat terus menjaga Integritas organisasi dan tetap bersinergi dengan pemerintah provinsi maupun kabupaten kota,” tuturnya.

Sementara itu, Tonaas Wangko BMI terpilih Lendi Wangke saat memberikan sambutan mengatakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita tak lepas dari perbedaan baik agama, budaya, pola pikir bahkan berpendapat.

“Tapi alangkah baiknya apabila kita mengesampingkan perbedaan itu untuk membangun Brigade Manguni yang lebih baik kedepannya sesuai dengan hukum dan aturan perundang-undangan serta tetap mempertahankan marwah Ormas Adat yang sesungguhnya sesuai dengan amanah dan tujuan berdirinya Organisasi BMI yang kita cintai bersama,” ucap Wangke.

Brigade Manguni Indonesia hemat saya tidak mendualisme hanya ada perbedaan pemahaman oleh segelintir orang tentang mekanisme serta aturan perundang- undangan berorganisasi.

“Sebagai Ormas Adat karena itu marilah dengan semangat “I JAJAT U SANTI” kita satukan perbedaan untuk menjadi suatu kekuatan dalam satu kesatuan dalam bingkai keluarga besar Brigade Manguni Indonesia,” tegasnya.

Tampak hadir dalam acara Musawangnas Tonaas Wailan Wangko Decky Maengkom, Ketua Panitia Tonaas DPW Sulut Fabian Kaloh, Tonaas DPD Manado Kawal Depan Reinhard Tawalujan, DPW dan DPD BMI se Indonesia, Wanua dan Walak, Dir Intelkam Polda Sulut Budi Herwanto mewakili Kapolda bersama Kapolres Minahasa dan Kaban Kesbangpol Minahasa yang mewakili bupati Minahasa.

 

Jakas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here