Pemprov Sulut Mulai Proses Pengisian Jabatan KaDa Ikut Pilkada

0
215
Pemprov Sulut Mulai Proses Pengisian Jabatan KaDa Ikut Pilkada
Wagub Sulut Steven Kandouw

SULUTIMES, Sulut – Beberapa daerah Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulut akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah.

Sesuai mekanisme Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Umum Kepala Daerah gubernur, bupati dan walikota bagi setiap Kepala Daerah (KaDa) yang mengikuti dan telah ditetapkan sebagai peserta pilkada maka aturannya akan cuti dan keseharian tugasnya akan diisi oleh Pejabat.

Adapun sesuai dengan ketentuan undang-undang, untuk pejabat level pimpinan tinggi madya mengisi Pj gubernur dan pejabat level pimpinan tinggi pratama untuk Pj bupati/walikota.

Proses inipun segera ditindaklanjuti oleh Pemerintah Provinsi Sulut. Mewakili Gubernur Sulut Olly DondokambeyWakil Gubernur Steven Kandouw mengatakan saat ini di sejumlah Kabupaten/Kota yang Kepala Daerahnya ikut Pilkada sementara berproses usulan namanya.

“Iya, sudah diminta oleh Kemendagri usulan namanya. Selain Manado dan Tomohon. Boltim, Bolsel, Minut, Bitung dan Minsel. Daerah itu kepala daerahnya ikut Pilkada,” ujar Wagub Kandouw saat dicegat wartawan di lobi kantor Gubernur Sulut, Senin (7/9/2020).

“Untuk masing-masing daerah ada tiga nama yang diusulkan,” ungkap Kandouw.

Diketahui, usulan pengisian bupati dan walikota tersebut, Bupati Minut maju sebagai Calon Gubernur Sulut, Wabup Minut Joppy Lengkong maju sebagai wakil bupati Minut, Bupati Minsel Chritiany Paruntu maju sebagai Calon Gubernur Sulut, Wakil Bupati Minsel Frangky Wongkar maju sebagai calon Bupati Minsel, Bupati Boltim Sehan Lanjar maju sebagai Wakil Gubernur Sulut, Wakil Bupati Boltim Rusdi Gumalangit kembali maju sebagai Wakil Bupati Boltim, Walikota Bitung Maximillian Lomban kembali maju sebagai calon Walikota Bitung, Wakil Walikota Bitung Maurits Mantiri maju sebagai Calon Walikota Bitung dan Bupati Bolsel Iskandar Kamaru dan Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid kembali berpasangan maju sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Bolsel.

 

Jakas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here