Bawaslu Sulut Rakor Bersama Stakeholder Terkait Integritas dan Pilkada Ramah Lingkungan

0
18
Ketua Bawaslu Sulut dan Pjs Bupati Minut saat kegiatan Rakor.(angky/st)

SULUTIMES, Minut – Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama stakeholder
terkait integritas pemilihan dan Pilkada ramah lingkungan, di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), yang digelar di Sutan Raja Hotel Minut, Rabu (4/11/2020).

Kegiatan ini menghadirkan pemateri kondang seperti Dra Trilke Erita Tulung MA MSi MCUP dengan materi integritas penyelenggara Pemilu dalam Pilkada tahun 2020, Dr Viktory NJ Rotty MTeol MPd dengan materi menuju Pilkada 2020 yang berintegritas, dan Dr Felly Ferol Warouw SH ST MEng dengan materi Pilkada ramah lingkungan dari perspektif dan persepsi masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, peserta Rakor yang terdiri dari akademisi, instansi terkait di Pemkab Minut, Mapala, KNPI, Karang Taruna dan pegiat lingkungan hidup di Kabupaten Minut itu, menyamakan persepsi terkait integritas pemilihan dan Pilkada ramah lingkungan dengan
Ketua Bawaslu Sulut DR Herwyn J H Malonda SPd SH MPd MH dan Pjs Bupati Minut Clay Dondokambey.

Malonda menjelaskan, Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Sulut,
cukup tinggi jika dibandingkan dengan daerah lainnya. “Kegiatan yang kita lakukan saat ini adalah pencegahan, sebagai salah satu bentuk menekan IKP ini. Dan soal Pilkada ramah lingkungan, Bawaslu Sulut sudah mengurangi penggunaan kertas dan plastik serta imbauan kepada pihak kontestan agar ramah lingkungan,” katanya.

Sementara Bupati Clay mengatakan, kegiatan tersebut sinkron dengan apa yang telah ia terapkan dimana, seluruh ASN dan THL di Pemkab Minut sudah berikrar menandatangani pakta integritas soal netralitas. “Jadi ASN di Minut itu sudah paham betul apa itu kewajiban, larangan dan sanksi. Jika melanggar, mereka tahu akibatnya,” kata Bupati Clay seraya menjelaskan jika pihaknya terus berkoordinasi dengan penyelenggara Pilkada, TNI/Polri mengawal setiap tahapan guna suksesnya Pilkada 2020, termasuk didalamnya ramah lingkungan.
Kegiatan yang mengedepankan protokol kesehatan ini, diwarnai dengan sesi tanya jawab.

Qys

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here