Rio Dondokambey Ungkap Partisipasi Milenial di Dunia Politik Meningkat Pesat

0
13
Rio Dondokambey Ungkap Partisipasi Milenial di Dunia Politik Meningkat Pesat
Rio Dondokambey Ungkap Partisipasi Milenial di Dunia Politik Meningkat Pesat./istimewa

SULUTIMES, Sulut – Partisipasi kaum milenial di dunia politik saat ini meningkat pesat dibandingkan dengan masa 5-10 tahun lalu.

“Pada 5-10 tahun lalu itu basis-basis milenial dalam hal memilih, berkampanye, milenial dianggap rendah. Milenial dianggap apatis, tidak peduli di dunia politik, tapi sekarang ini sudah meningkat pesat. Berbanggalah milenial sudah masuk ke dalam bagian yang menunjukkan partisipasi anak muda di dunia politik, itu baik,” kata Ketua Umum Milenial ODSK Rio Dondokambey pada Pelantikan Relawan Sahabat Milenial ODSK dan AARS di Warkop Kemang, Boulevard 2, Manado, Selasa (24/11/2020) Malam.

Adapun Relawan Sahabat Milenial ODSK yang dilantik yaitu Ketua Primanesa Parengkuan, Sekretaris Kamang Damongilala, dan Bendahara Rachel Tangka. Hadir dalam acara pelantikan Tokoh Agama Pendeta Lucky Rumopa, Penanggung Jawab Relawan Sahabat Olly Steven (SOS) Ruben Saerang, Ketua SOS Ronald Nangoy, dan pengurus Relawan SOS lainnya serta para milenial pendukung Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, Olly Dondokambey-Steven Kandouw dan Calon Walikota dan Wakil Walikota Manado, Andrei Angouw-Richard Sualang.

Rio mengatakan, sebenarnya tujuan pelantikan Sahabat Milenial ODSK – AARS adalah untuk agenda pemenangan pilkada 9 Desember nanti. Tetapi, ada yang lebih spesial lagi dari itu yakni partisipasi milenial di dunia politik. Sebagai milenial, kaum muda, harus proaktif mengumpulkan teman-teman sebanyak-banyaknya untuk mengedukasi dan mensosialisasikan pilihan gubernur-wakil gubernur dan walikota-wakil walikota yang paling tepat.

Lebih lanjut Rio yang juga Ketua Umum Kadin Sulawesi Utara dan Ketua KNPI Sulawesi Utara mengajak milenial Sulawesi Utara untuk mensyukuri Sulawesi Utara dan Manado sebagai anugerah yang luar biasa dari Tuhan.

“Provinsi Sulawesi Utara ini adalah provinsi yang luar biasa diberkati oleh Tuhan. Kota Manado juga adalah kota yang luar biasa. Provinsi Sulawesi Utara dan Kota Manado itu terletak di bibir Pasifik, lokasi sebuah daerah itu tidak bisa diganti, cuma Tuhan yang boleh ganti. Jadi, kita ini sudah diberkati. Sekarang tugas kita adalah menjaga, merawat berkat Tuhan ini, Sulawesi Utara dan Manado. Caranya cuma satu yaitu pilihlah pemimpin yang tepat,” kata Rio.

Rio Dondokambey Ungkap Partisipasi Milenial di Dunia Politik Meningkat Pesat
Ketua Umum Milenial ODSK Rio Dondokambey bersama Ketua Sahabat Milenial ODSK AARS Primanesa Parengkuan./istimewa

Dikatakan, calon yang akan ikut pilkada itu biasanya bisa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yang pertama calon baru mo maju, bisa baru mo jadi. Jadi, bisa oposisi, bisa jadi membawa harapan palsu. Yang kedua, calon yang sudah maju yang sudah pernah menjabat, tapi kinerjanya dipertanyakan. Baru ada calon yang ketiga, tipe calon yang sudah diberikan kesempatan, sudah melakukan dan tinggal melanjutkan.

“Kehadiran teman-teman semua di sini saya percaya kita akan pilih Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Olly Steven dan Walikota dan Wakil Walikota Manado Andrei Richard,” tegas Rio.

Menurutnya, tim relawan ODSK AARS sesuai dengan namanya, mengumpulkan sebanyak mungkin teman-teman, sosialisasikan dan edukasikan, kenapa harus memilih calon gubernur dan wakil gubernur ODSK serta calon walikota dan wakil walikota AARS. Sebenarnya simple saja yaitu sinergitas dari pusat, provinsi dan kota akan sangat berpengaruh untuk pembangunan. Istilahnya, lanjutnya, harus satu tipe pipa, dari atas ke bawah sama, kalu dari atas mengalir air lima liter sampai di bawah lima liter. Kalau beda ukuran dan tipe maka akan ada kemungkinan yang bocor, tidak sesuai.

Penanggung Jawab Relawan Sahabat Olly Steven, Ruben Saerang mengatakan, relawan SOS sengaja membentuk relawan milenial untuk memaksimalkan kekuatan para milenial yang luar biasa dan memiliki jaringan luas.

“Kalau hari ini mereka berkumpul di sini dengan kebersamaan dan semangat tinggi, maka kemenangan sudah menjadi milik ODSK dan AARS,” kata Ruben.

Ketua Sahabat Milenal ODSK-AARS, Primanesa Parengkuan optimistis kelompok milenial yang dipimpinnya akan bekerja maksimal dengan semua jaringan yang dimiliki para milenial baik sosialisasi langsung dengan masyarakat, maupun melalui serangan udara di media sosial. “Para milenial punya semangat tinggi untuk kemenangan ODSK dan AARS. Bersinergi dari pusat, provinsi, dan kota,” tambahnya.

Jakas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here