Andi Putri Najwah Runner Up Putri Kebudayaan Nusantara Ajak Milenial Lestarikan Budaya

0
87
Andi Putri Najwah Runner Up Putri Kebudayaan Nusantara Ajak Milenial Lestarikan Budaya
Runner Up 1 Putri Kebudayaan Nusantara 2020, Andi Putri Najwah./Istimewa

SULUTIMES, Sulut – Berbakat dan lentur saat memperagakan tarian tradisional, talenta inilah yang dipertontonkan pemilik nama Andi Putri Najwah saat mengikuti Pemilihan Putra Putri Kebudayaan Nusantara (PPKN) tingkat Provinsi Sulawesi Utara.

Hasilnya tak mengecewakan bahkan fantastis, Siswa SMA Negeri 1 Manado ini meraih juara 1 Putri Kebudayaan Nusantara Provinsi Sulut yang digelar akhir November 2020 lalu dengan peraih juara 1 Putra Kebudayaan Nusantara Provinsi Sulut Andrew Valentino Lahope.

Raihan ini, mengantarkan Najwah putri kelahiran Makassar 23 Agustus 2003 ini bersama Andrew mengikuti ajang Putra Putri Kebudayaan Nusantara yang digelar di Medan pada Januari 2021.

Kembali hasilnya menggembirakan, putri pasangan Mayor Caj Andi Hamzah SSos dan Mala Andi SSi ini berhasil meraih runner up 1 PPKN 2020.

“Motivasi saya mengikuti pemilihan karena memang dari kecil ayah, ibu dan keluarga terus mengajarkan untuk mengenal budaya,” ujar Najwah kepada sulutimes.com, Rabu (10/2/2021).

Kecintaannya terhadap budaya Indonesia, terus dipeliharanya meski dirinya harus berpindah-pindah daerah mengikuti jejak ayahnya seorang prajurit TNI AD yang sewaktu-waktu dapat berpindah tugas.

Andi Putri Najwah Runner Up Putri Kebudayaan Nusantara Ajak Milenial Lestarikan Budaya
Ki-Ka: Putra Kebudayaan Nusantara Provinsi Sulut Andrew Valentino Lahope, Kadis Kebudayaan Sulut Patricia Mawitjere dan Runner Up 1 Putri Kebudayaan Nusantara 2020 Andi Putri Najwah./jakas

“Dengan papa berpindah-pindah tugas, Najwah terus mempelajari budaya (Tari tradisional) yang di mana Najwah tinggali. Contohnya, ketika di Bali, Sulawesi Selatan dan saat ini di Sulawesi Utara. Mau tak mau Najwah harus mempelajari budaya di Sulut,” tuturnya.

Pelestarian budaya kembali dicontohkan Najwah ketika dirinya mengikuti Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) mewakili Kota Manado untuk tingkat Provinsi Sulut. Dirinya menampilkan tari tradisional yang dikreasikannya, menggabungkan tari Bali dan Minahasa. “Hasilnya, juara,” ungkapnya dengan senyum manis.

Anak pertama dari tiga bersaudara yang bercita-cita menjadi pramugari ini pun mengajak teman-teman milenial untuk tidak melupakan budaya di Sulut serta seantero Nusantara.

“Mari teman-teman, jangan melupakan budaya. Karena Indonesia memilik ribuan budaya yang harus kita kembangkan dan lestarikan. Nah, kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikannya,” ajak Najwah juara lomba tari Bali tingkat Kota di Denpasar.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Kebudayaan Sulut Patricia Mawitjere mengungkapkan prestasi yang diraih Najwah merupakan hasil pembinaan Dinas Kebudayaan Provinsi Sulut.

“Mau seperti Putri Najwah, mari para milenial Sulut kita lestarikan budaya kita. Begitu pula masyarakat pada umumnya pecinta kebudayaan kita bersinergi dalam Pemajuan Kebudayaan di Provinsi Sulut,” ketus Mawitjere.

Jakas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here