UTSU Gelar Seminar Pengembangan Ekonomi Sulut dan Penandatanganan MoU Coworking Satu Tampa

0
18

SULUTIMES, Manado – Pertumbuhan ekonomi (economic growth) Provinsi Sulawesi Utara akibat proses pembangunan ekonomi yang terjadi pada periode 2012–2016 tidak terlepas dari dua faktor yaitu; faktor internal dan eksternal.

Faktor internal yang dimaksud adalah perilaku pasar domestik yang tercermin dari perkembangan maupun perubahan perilaku masing-masing komponen pengeluaran konsumsi akhir. Sedangkan faktor eksternal; banyak dipengaruhi oleh perubahan teknologi dan struktur perdagangan global sebagai akibat peningkatan perdagangan internasional.

Walaupun peran domestik Provinsi Sulawesi Utara dalam mendorong kinerja ekonomi regional sudah cukup bagus, ketergantungan terhadap penawaran barang dan jasa dari luar daerah juga cukup besar sehingga ketergantungan terhadap daerah lain masih cukup tinggi.

Sejalan dengan hal tersebut di atas, Universitas Teknologi Sulawesi Utara (UTSU) menginisiasi Seminar Pengembangan Ekonomi Sulawesi Utara dengan Pembicara Dekan Fakultas Pertanian Unsrat, Prof. Ir. Robert Molenaar, MS, Ph.D; Kepala Balai Riset dan Standarisasi Industri Manado, Ir. Henry Pajow, M.Si; Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara, dr. Debie K. R. Kalalo, M.Sc.PH; Kepala Balai Penelitian Tanaman Pangan (BPTP) Provinsi Sulawesi Utara, Dr. Stevie Karouw, S.TP, M.Sc, Balai Pesar POM, Irene Roberta Raya, S.Si, Apt, Direktur Utama PT. Royal Coconut, Azhar; dan Community Development Manager Dana Indonesia, Patrice Sagay, Kamis (11/2/2021).

Seminar Pengembangan Ekonomi Sulawesi Utara yang dihadiri secara offline dan online oleh Pejabat Struktural, Dosen dan Mahasiswa, dimoderatori oleh Dekan Fakultas Pertanian UTSU, Dr. Ir. Ferdinatus Taruh, M.Si.

Dalam Sambutannya, Rektor Universitas Teknologi Sulawesi Utara Ruano U.A. Senduk, SE, MM., menjelaskan tentang maksud pelaksanaan seminar dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sulut.

“Kegiatan seminar ini dimaksudkan untuk dapat mensinergikan Program Kampus Merdeka – Merdeka Belajar dan juga kerjasama antara Akademisi, Pemerintah dan Dunia Usaha sehingga menciptakan suatu lingkungan strategis dalam civitas akademika, pemerintah maupun di dunia usaha,” jelas Rektor UTSU.

Penandatanganan MoU dengan Balai Riset dan Standarisasi Industri Manado, PT. Royal Coconut, Balai Penelitian Tanaman Pangan (BPTP) Provinsi Sulawesi Utara, JNE Manado dan Satu Tampa.

Selesai Seminar dilanjutkan Penandatanganan MoU dengan Balai Riset dan Standarisasi Industri Manado, PT. Royal Coconut, Balai Penelitian Tanaman Pangan (BPTP) Provinsi Sulawesi Utara, JNE Manado dan Satu Tampa.

 

(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here