Pengadilan Militer III-17 Manado dan UTSU Laksanakan MoU dan FGD

0
49
Pengadilan Militer III-17 Manado dan UTSU saat melaksanakan penandatanganan MoU.(ist)

SULUTIMES, Manado – Bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Militer III-17 Manado, dilaksanakan kegiatan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Focus Group Discussion (FGD), antara Pengadilan Militer III-17 Manado dengan Universitas Teknologi Sulawesi Utara (UTSU), Selasa (23/2/2021).

Kegiatan diawali sambutan Kadilmil III-17 Manado Letkol Chk Dwi Yudo Utomo, S.H. dan Rektor UTSU Ruano Urbanus Senduk, SE, MM. Dalam Sambutannya Kadilmil menyampaikan pentingnya sinergitas antara insitusi Pengadilan Militer III-17 Manado dengan kalangan akademisi yang diwakili UTSU, untuk menjalin kerjasama dengan prinsip saling memberikan manfaat bagi kedua institusi. “Prestasi yang sudah diraih Pengadilan Militer III-17 Manado terutama perolehan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada tanggal 21 Desember 2020 dari KemenpanRB dijadikan momentum pencapaian predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada tahun 2021 ini,” kata Kadilmil.

Kemudian, Rektor UTSU dalam sambutannya menyambut baik kerjasama kedua institusi untuk menunjang tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta sejalan dengan program Mendikbud, Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Acara dilanjutkan dengan penandatangan (MoU) yang dilakukan oleh Kepala Pengadilan Militer III-17 Manado dengan Rektor UTSU dan diikuti dengan penyerahan cenderamata.

Dalam kegiatan FGD, hasil kerjasama Pengadilan Militer III-17 Manado dengan UTSU mengambil tema Tantangan dan Peluang Kolaborasi Antara Civitas Akademika bersama Pengadilan Militer III-17 Manado.
Kegiatan FGD menghadirkan narasumber dari kedua institusi, yaitu dari Pengadilan Militer III-17 Manado menampilkan Wakadilmil III-17 Manado Mayor Laut (KH) Bagus Partha Wijaya, SH., M.H. selaku dan Pokkimil Mayor Chk Subiyatno, S.H., M.H. sedangkan dari UTSU menghadirkan Maureen Langie, S.T., M.Pd, M.MKom Dekan Fakultas Teknik UTSU, Dr. Ir. Ferdinatus Taruh, M.Si Dekan Fakultas Pertanian UTSU, Dr. Ahnes Tumbelaka, M.Si. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UTSU, Henny Tumbelaka, S.Pd., M.M Dekan Fakultas Komunikasi UTSU serta Dr. Agus Walansendow, S.E,M.M., M.Si. Wakil Rektor Bidang II UTSU dengan Moderator Lady Grace Jane Giroth, S.S, M.Si. Kepala Lembaga Penelitian UTSU dan Kapten Laut (KH) Prana Kurnia Wibowo, S.H.


Mayor Laut (KH) Bagus Partha Wijaya, S.H., M.H. menyampaikan materi tentang company profile Pengadilan Militer III-17 Manado, sedangkan Mayor Chk Subiyatno, S.H., M.H. menyajikan materi tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Inovasi Pelayanan di Pengadilan Militer III-17 Manado.
Dekan Fakultas Teknik UTSU, Maureen Langie, S.T., M.Pd, M.MKom, memaparkan materi tentang Peluang dan Kerjasama yang dapat dilakukan antara Fakultas Teknik dengan Pengadilan Militer III-17 Manado untuk menciptakan SDM Unggul, Indonesia Maju. Kemudian, Dekan Fakultas Pertanian UTSU, Dr. Ir. Ferdinatus Taruh, M.Si, dalam pemaparannya menyampaikan bahwa, Fakultas Pertanian siap untuk bekerjasama baik dalam penelitian terlebih dalam pengabdian masyarakat.
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UTSU, Dr. Ahnes Tumbelaka, M.Si menyampaikan, kesiapan Kerjasama dalam Pendidikan dan mahasiswa magang serta membuka peluang jika ada pegawai Pengadilan Militer yang ingin melanjutkan kuliah di Prodi Ilmu Administrasi Negara yang sudah berakreditasi B.
Kemudian, Henny Tumbelaka, S.Pd., M.M Dekan Fakultas Komunikasi UTSU dan Dr. Agus Walansendow, S.E,M.M., M.Si. Wakil Rektor Bidang II UTSU juga memaparkan peluang Kerjasama yang dapat dilakukan terkait Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat.
Seusai penyajian materi kegiatan dilanjutkan dengan diskusi interaktif antara Narasumber dengan peserta yang hadir baik dari Mahasiswa, Dosen atau staf Pengadilan. Kegiatan ini juga dilakukan secara hybrid, dimana terdapat 53 peserta yang menyaksikan melalui aplikasi zoom meeting.

Sty

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here