Virtual, Rita Tamuntuan Ikut Rakernas Dekranas 2021 Dibuka Ibu Negara Iriana

0
7
Rita Tamuntuan Ikut Rakernas Dekranas 2021 Dibuka Ibu Negara Iriana
Rita Tamuntuan Ikut Rakernas Dekranas 2021 Dibuka Ibu Negara Iriana./istimewa

SULUTIMES, Sulut – Dekranas harus berperan aktif dalam pelaksanaan pembinaan para pengrajin di seluruh Indonesia, dengan menerapkan protokol kesehatan demi meningkatkan produktifitas di tingkat nasional.

Hal ini disampaikan Ibu Negara Iriana Joko Widodo secara virtual dari Istana Negara pada pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Rabu (3/3/2021).

Diketahui, Rakernas ini dalam rangka memperingati HUT Dekranas ke 41, diikuti pula Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Utara Ibu Rita Dondokambey-Tamuntuan secara virtual dari Kantor Gubernur Sulut.

Nampak hadir dalam pembukaan Rakernas diantaranya Ketua Umum Dekranas Ibu Hj Wury Ma’ruf Amin, Wakil Ketua Dekranasda Sulut Ibu Kartika Devi Kandouw-Tanos dan seluruh pengurus Dekranasda se-Indonesia.

“Saya mengajak para pengurus Dekranas nasional maupun daerah untuk selalu mendukung kerajinan nasional dan menjadikan kerajinan Indonesia menjadi tuan rumah di negara sendiri,” ucap Iriana.

Selain itu, para pengurus juga diimbau agar menggunakan kemajuan teknologi seperti transaksi online, untuk mendukung perekonomian di masa pandemi seperti.

“Kerajinan merupakan salah satu bagian dari kebudayaan. Di mana ada perpaduan seni dan keterampilan yang menghasilkan nilai keindahan. Indonesia ini memiliki organisasi nirlaba. Di mana pecinta dan penikmat seni berhimpun untuk memayungi dan mengembangkan produk kesenian bersama pelaku UKM yaitu Dekranas,” lanjut Iriana.

Adapun peringatan hari jadi Dekranas ke-41 mengambil tema, “Perajin Sehat, Perajin Hebat, Indonesia Maju”.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan pelantikan Ibu Rita Dondokambey-Tamuntuan sebagai Ketua Dekranasda Sulut periode 2021-2024 dan Ketua Dekranasda di lima provinsi lainnya di Indonesia oleh Ketua Umum Dekranas Ibu Hj Wury Ma’ruf Amin.

Jakas/*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here