Deprov Sulut Kawal Pembentukan Kodiklat TNI AL di Manado

0
26
Deprov Sulut Kawal Pembentukan Kodiklat TNI AL di Manado
Pertemuan Pimpinan DPRD Sulut dan Perwakilan Lantamal VIII Manado./sulutimes

SULUTIMES, Sulut – Wacana pembentukan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) di Manado yang merupakan bagian dari pusat Komando Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII bakal segera terwujud. 

Buktinya mengemuka saat Ketua DPRD Sulut Andi Silangen didampingi Wakil Ketua DPRD Sulut Victor Mailangkay menerima kunjungan dan berdiskusi dengan Wakil Danlantamal VIII Kolonel Apriani, Kadiskum Lantamal VIII Letkol (L) Freddy Tamara, Dandenma Lantamal VIII Letkol (L) Marcelino Sompotan di ruang kerjanya Kantor DPRD Sulut, Senin (29/3/2021).

Dalam pertemuan tersebut baik Silangen dan Mailangkay mendukung penuh pembentukan Kodiklat Bintara dan Tamtama TNI AL hadir di Manado.

“Sampai saat ini baru TNI AD yang telah ada yaitu Dodiklat Wangurer dan RinDam di Tomohon serta Polri sudah ada Sekolah Polisi Negara (SPN) Karombasan. Sedangkan TNI AL belum ada,” ujar Silangen.

“Karenanya, Pimpinan Dewan Provinsi (Deprov) Sulut mendukung dan siap menghadap langsung Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) guna serahkan rekomendasi DPRD dan Gubernur Sulut agar segera dibentuk Kodiklat Bintara dan Tamtama TNI AL di Manado,” tambahnya.

Pertemuan ini pun menghasilkan beberapa dasar pertimbangan mendukung pembentukan Kodiklatal tersebut, yaitu :

1. Sulut adalah Wilayah Perbatasan dengan Filipina.
2. Sulut salah satu dari 8 Provinsi kepulauan di Indonesia yang luas wilayahnya lebih dominan air dari pada darat.
3. TNI AD dan Polri sudah ada lembaga pendidikan dan latihan Bintara – Tamtama di Manado, sedangkan TNI AL belum ada.
4. Akan lebih mudah ditempatkan personil berpangkat Bintara dan Tamtama bertugas di daerah asal yang mampu beradaptasi dengan kearifan lokal terutama di daerah perbatasan.
5. TNI AL akan lebih mudah memenuhi kebutuhan Personal Bintara dan Tamtama yang bersedia ditempatkan di daerah Sulut terutama di daerah perbatasan Indonesia-Filipina.

Turut hadir pada pertemuan ini sejumlah anggota Deprov Sulut dan Sekretaris DPRD Sulut Glady Kawatu.

Jakas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here