Gubernur Olly: Sektor Pertanian Topang Pertumbuhan Ekonomi Sulut

0
98
Sektor Pertanian Topang Pertumbuhan Ekonomi Sulut
Gubernur Sulut Olly Dondokambey: Sektor Pertanian Topang Pertumbuhan Ekonomi Sulut./istimewa

SULUTIMES, Sulut – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE bersama Ibu Rita Dondokambey – Tamuntuan hadir dalam kegiatan puncak Dies Natalis Fakultas Pertanian (Faperta) Unsrat ke 61 yang berlangsung di ruang Auditorium Unsrat, (31/5/2021).

Pada kesempatan tersebut dalam sambutannya yang disaksikan Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen J Kumaat MSc DEA dan Dekan Fapetra Unsrat Prof Ir Robert Monelaar MS PhD, Gubernur Olly mengatakan Faperta dalam perannya selalu solusif dalam menghadapi perkembangan jaman.

Tantangan di sektor pertanian saat ini menjadi semakin menarik meski diperhadapkan dengan situasi pandemi Covid-19.

“Pemprov Sulut dalam program kerja selalu meningkatkan infrastruktur pertanian, memperbaiki irigasi, agar supaya menunjang program pertanian di Sulut,” kata Dondokambey.

Gubernur juga berharap kedepan Faperta Unsrat semakin mantap dan konsisten dalam memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan visi pembangunan daerah.

Selain itu menciptakan SDM yang unggul dan berkualitas di bidang pertanian.

“Sektor pertanian juga menopang pertumbuhan ekonomi di Sulut,” tandas Olly.

Sementara itu, Dekan Faperta Unsrat Prof Robert Monelaar menjelaskan melalui dies natalis ini Faperta betul-betul memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat luas.

“Selain itu juga, bagaimana peran kita makin baik di tengah-tengah masyarakat Nyiur Melambai, apalagi pertanian unggul di masa pandemi sekarang ini,” kata Dekan Prof Monelaar.

Pada kesempatan itu juga, Rektor Unsrat Pro Ellen Kumaat mengharapkan Fakultas Pertanian semakin maju dan hebat. Dimana lulusan semakin berperan ditengah masyarakat bahkan dapat menciptakan lapangan kerja demi semakin terwujudnya bangsa yang kuat.

“Ketika dunia berubah dengan cepat, maka menjadi tantangan bagi perguruan tinggi untuk menghasilkan generasi masa depan yang unggul dan mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut,” ujar Rektor Kumaat.

Rektor menyampaikan rasa bangga kepada Menteri Pertanian, Gubernur serta Ketua Tim Penggerak PKK Sulut Ibu Ir Rita Dondokambey Tamuntuan yang juga adalah Ketua IKA Unsrat/IKA Faperta yang senantiasa mendukung kepentingan Unsrat.

Begitu juga para Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota dan SKPD yang telah menyatakan komitmen bersama untuk melakukan kolaborasi yang penting dan strategis ini.

“Diharapkan agar tidak hanya seremoni belaka, dan sesudah itu tidak ada implementasinya. Tapi kali ini sungguh berbeda, Fakultas Pertanian bisa membuktikan bersungguh-sungguh serta berperan penting bagi peningkatan kesejahteraan petani dan masyarakat pada umumnya,” imbau Rektor Kumaat.

Hadir pula empat kepala daerah terkait penandatanganan kesepakatan bersama di bidang Pertanian dengan para kelompok tani yang turut disaksikan Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen J Kumaat MSc DEA serta Dekan Faperta Prof Ir Robert Monelaar MS PhD di Ruang Auditorium Unsrat, Senin (31/05/2021).

Pada kesempatan ini yang dihadir empat kepala daerah melakukan penandatanganan kesepakatan bersama di bidang Pertanian dengan para kelompok tani yang turut disaksikan Gubernur Olly dan Rektor Unsrat Prof Ellen Kumaat serta Dekan Faperta Unsrat Prof Robert Monelaar.

Jakas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here