Sinergitas, 1 Tower Rusunawa di Sagerat jadi RS Darurat Covid-19

0
121
1 Tower Rusunawa di Sagerat jadi RS Darurat Covid-19
Sinergitas, 1 Tower Rusunawa di Sagerat jadi RS Darurat Covid-19./sulutimes

SULUTIMES, Sulut – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung sepakat menjadikan Rusunawa yang terletak di Kelurahan Sagerat Weru Satu, Kecamatan Matuari, Kota Bitung sebagai Rumah Sakit (RS) Darurat Covid-19 di Kota Bitung.

Hal itu terbukti dengan ditandatangani Surat Penetapan RS Darurat Covid-19 Rusunawa Sagerat yang dilakukan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri di sela-sela kunjungan Gubernur Olly bersama Kapolda Irjen Pol Nana Sudjana atas kesiapan Rumah Sakit (RS) Darurat Covid-19 di Kota Bitung, Selasa (27/07/2021) siang.

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly mengatakan bahwa pemanfaatan Rusunawa Sagerat sebagai RS Darurat Covid-19 merupakan kesepakatan antara Pemprov Sulut dengan Pemkot Bitung.

“Untuk menunjang ketersediaan tempat tidur pasien Covid-19, kita siapkan benar-benar. Apabila RSUD Bitung sudah penuh, sebagian pasien nantinya bisa dirawat di RS Darurat ini,” kata Gubernur Olly.

Orang Nomor Satu di Sulut inipun menyatakan bahwa pihak Pemprov Sulut siap membantu melengkapi fasilitas RS Darurat Covid-19 di Kota Bitung ini.

Gubernur Olly berharap RS Darurat Covid-19 di Bitung ini tidak digunakan. “Walaupun sudah kita persiapkan, tetapi kita berdoa supaya tidak digunakan,” tandas Gubernur Olly dengan optimis pandemi Covid-19 segera berakhir.

Sementara Pemkot Bitung melalui Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr Pitter Lumingkewas melaporkan bahwa dalam satu tower Rusunawa ini terdapat sekitar 96 kamar yang dilengkapi dengan fasilitas toilet, air bersih, instalasi listrik serta instalasi limbah.

Selain itu juga terdapat fasilitas ruangan yang ke depan bisa digunakan untuk kantor serta ruang perawatan, farmasi, laboratorium, ruang tenaga kesehatan, dapur/gizi, kamar jenazah, dan tempat parkir.

“Pemkot Bitung akan secepatnya melengkapi fasilitas serta instalasi yang dibutuhkan antara lain kelengkapan ruang perawatan pasien, pelayanan medis, farmasi dan laboratorium,” terangnya.

Kunjungan Gubernur Olly ini dirangkaikan pula dengan peninjauan pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi di Puskesmas Sagerat Bitung.

Kegiatan yang menerapkan Protokol Kesehatan ini dihadiri Sekdaprov Sulut Edwin Silangen SE MS, Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar SE, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, Kapolres Bitung AKBP Indrapramana beserta jajaran Camat Matuari Sefferson Sumampouw.

Jakas/*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here