Baju Adat Hiasi HUT ke-57 Provinsi Sulut, Gubernur Olly Berikan Penghargaan Bagi yang Berprestasi

0
81
Baju Adat Hiasi HUT ke-57 Provinsi Sulut
Baju Adat Hiasi HUT ke-57 Provinsi Sulut, Gubernur Olly Berikan Penghargaan Bagi yang Berprestasi./istimewa

SULUTIMES, Sulut – Nuansa Baju Adat menghiasi perayaan HUT ke-57 Provinsi Sulawesi Utara yang berlangsung di halaman Kantor Gubernur Sulut, Kamis, (23/9/2021).

Baju Adat Hiasi HUT ke-57 Provinsi Sulut

Terlihat, dua pemimpin Sulut, Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw mengenakan busana adat Minahasa perpaduan warna Hitam, Kuning dan Merah.
Sederhana, HUT ke-57 Provinsi Sulut diawali dengan upacara dipimpin oleh inspektur Gubernur Olly Dondokambey dan bertindak komandan upacara Jhon Siby yang juga sebagai Kabag Infrastruktur Kawasan Perbatasan pada Biro Pengelolaan Perbatasan Negara.

Baju Adat Hiasi HUT ke-57 Provinsi Sulut

Gubernur Olly dalam sambutannya turut menyampaikan sejumlah kinerja yang sudah dilakukan pemerintah dan masyarakat provinsi dalam setahun terakhir ini. Ini bisa dilihat dimana pada triwulan kedua tahun 2021, pertumbuhan ekonomi Sulut tumbuh menjadi 8,49%. Hal itu didukung dengan upaya bersama dimana diantaranya meningkatkan kerjasama dengan pemerintah Jepang dalam meningkatkan ekspor komoditi pertanian dan perikanan, menggerakkan program mari jo ba kobong serta melakukan pengembangan UMKM, mendapatkan penghargaan Paritrana dari Kementerian Tenaga Kerja dan penghargaan lainnya disejumlah bidang. Dikesempatan ini pula, Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara RI Bima Haria Wibisana, menyerahkan langsung kepada Olly-Steven Penghargaan BKN Award untuk Pemprov Sulut tahun 2021 untuk dua kategori.

Baju Adat Hiasi HUT ke-57 Provinsi Sulut

“Semua sektor yang mendukung pertumbuhan ekonomi tetap berjalan di tahun ini meski kita diterpa dengan pandemi Covid-19. Kita harus tetap tangguh menghadapinya. Begitu pula dengan proyek-proyek strategis maupun program prioritas Nasional yang berlokasi di Sulut termasuk KEK Pariwisata Likupang yang merupakan salah satu destinasi wisata yang akan terus kita kembangkan sesuai target yang telah ditetapkan. Demikian juga dengan sektor kesehatan yang terus kami prioritaskan dengan berbagai pembangunan rumah sakit daerah,” ujarnya.

Baju Adat Hiasi HUT ke-57 Provinsi Sulut

Pada kesempatan itu juga, Gubernur Olly Dondokambey didampingi Wagub Steven Kandouw memberi dan menyerahkan penghargaan kepada pegawai teladan, pemberian tunjangan kerja kepada ribuan buruh, penyerahan SK Pensiunan ASN, dan kepada Gracia Polii atlet asal Sulut yang meraih emas di Olimpiade Tokyo, diberikan rumah senilai Rp600 juta. Bahkan Gubernur dan Wagub ikut meluncurkan 3 aplikasi pelayanan terbaru Pemprov Sulut. Ketiga aplikasi itu yakni 1DataSulut, Aplikasi Dashboard Pimpinan Start, dan Modul Aplikasi E-Sign yang merupakan hasil karya jajaran Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik Provinsi Sulut.

Baju Adat Hiasi HUT ke-57 Provinsi Sulut

Kegiatan ini turut dihadiri Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, Ketua DPRD Sulut Andi Silangen, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti Waranei Franky Mamahit, Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana, Ketua TP PKK Sulut Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan, Sekretaris dr Kartika Devi Kandouw-Tanos, para Asisten, Kepala Dinas dan Badan, dan seluruh Kepala Biro Pemprov Sulut, Kepala Daerah dari 15 Kabupaten/Kota dan undangan terbatas lainnya.
Adapun upacara ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan karena masih masa pandemi Covid-19 sehingga undangan dibatasi. Upacara ini pun siarkan secara live melalui media elektronik dengan maksud agar masyarakat dapat mengikuti dan menikmati keseluruhan acara yang dikemas secara visual.

Baju Adat Hiasi HUT ke-57 Provinsi Sulut

Usai melaksanakan upacara, para petinggi daerah dan Forkopimda Sulut pun langsung menggelar rapat paripurna istimewa DPRD Sulut dalam rangka HUT Sulut ke-57 di Gedung Cengkih. Rapat ini dipimpin oleh Ketua DPRD Sulut Fransiskus Andi Silangen didampingi Wakil Ketua DPRD Victor Mailangkay dan Billy Lombok, serta dihadiri para Anggota DPRD. Menariknya, pelaksanaan Rapat Paripurna Istimewa terasa berbeda, manakala para peserta rapat mengenakan pakaian adat daerah. Diketahui Gubernur Olly dan Wagub Kandouw mengenakan pakaian adat Minahasa. Sementara Ketua DPRD Sulut Fransiskus Silangen mengenakan pakaian adat Sangihe dan para anggota DPRD Sulut bervariasi memakai pakaian adat 3 etnis di Sulut yakni Minahasa, Nusa Utara dan Bolaang Mongondow.

Baju Adat Hiasi HUT ke-57 Provinsi Sulut

Sebelumnya, seperti tahun-tahun dimana disaat mendekati HUT Provinsi Sulut, maka ziarah ke makam mantan Gubernur dan Wagub Sulut wajib dilakukan oleh petinggi daerah. Inipun yang dilakukan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw pada Senin 20 September 2021 lalu. Hal ini dilakukan untuk memberikan penghormatan atas jasa-jasa, dedikasi dan komitmen membangun Sulut dimasa kepemimpinannya.

Baju Adat Hiasi HUT ke-57 Provinsi Sulut

Tim Gubernur Olly didampingi Sekdaprov Sulut Edwin Silangen melakukan ziarah di makam mantan Gubernur Dr Sam Ratulangi, SH Sarundajang dan AJ Sondakh. Tim Wagub Kandouw ziarah di makam mantan Gubernur CJ Rantung dan Makam Wakil Gubernur Ahmad Nadjamudin. Sementara untuk upacara ziarah di makam mantan Wakil Gubernur Freddy Harry Sualang, bersama Tim Gubernur dan Tim Wagub. Gubernur Olly Dondokambey didampingi Ketua TP-PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan pun ikut berziarah ke makam mantan Gubernur Sulut Hein Victor Worang di Desa Tontalete, Kabupaten Minut.

Advetorial Diskominfo Sulut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here