‘Pemilu Asik Menyatukan Indonesia’ Jadi Topik Bahasan Dialog RRI Manado

0
12
'Pemilu Asik Menyatukan Indonesia' Jadi Topik Bahasan Dialog RRI Manado
'Pemilu Asik Menyatukan Indonesia' Jadi Topik Bahasan Dialog RRI Manado./sulutimes-edit

SULUTIMES, Sulut – Pesta Demokrasi di Indonesia yang akan dihelat tahun 2024 mendatang, diharapkan dapat menjadi sebuah pesta yang mengasikkan bagi bangsa Indonesia.

Olehnya itu RRI Manado menggelar Dialog Beranda Nusantara bertemakan ‘Pemilu Asik, Menyatukan Indonesia’ pada Rabu (27/7/2022).

Hadir secara langsung sebagai narasumber yaitu Komisioner KPU Sulut sekaligus Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi masyarakat & SDM KPU Sulut Salman Saelangi dan Korbid Pengawasan Isi Siaran KPID Sulut & Wakil Ketua DPD GAMKI Sulut Boy Opo Paparang SIP serta Peneliti Kepemiluan/Akademisi Ferry Daud Liando yang mengikuti dialog secara virtual Zoom.

Dalam dialog tersebut, Komisioner KPU Sulut Salman Saelangi mengungkapkan bahwa untuk mensukseskan terlebih menjadikan Pemilu menjadi pesta demokrasi yang mengasikkan tidak hanya menjadi tugas penyelenggara tetapi diperlukan keterlibatan dan partisipasi dari seluruh komponen masyarakat dalam setiap proses tahapan Pemilu.

“Mengukur kualitas partisipasi, indikatornya bukan hanya sekedar datang ketempat pemungutan suara, tapi bagaimana masyarakat juga terlibat aktif pada setiap proses tahapan yang ada,” tutur Saelangi.

Sementara itu, menurut Peneliti Pemilu Ferry D Liando Konflik yang terjadi di pemilu sebelumnya kemungkinan masih akan terjadi lagi, olehnya itu Liando berharap agar penyelenggara pemilu dapat mencari solusi untuk mencegah terjadinya konflik ataupun terjadinya polarisasi pemilu.

“Apa yang kita lihat di 2019, sepertinya masih berpotensi akan terjadi di 2024 karena kita masih menggunakan sistem yang sama, kita masih menggunakan undang-undang yang sama,” ungkap Liando.

Pada kesempatan itu, Korbid Pengawasan Isi Siaran KPID Sulut & Wakil Ketua DPD GAMKI Sulut Boy Opo Paparang mengajak kepada generasi muda agar ikut mengambil peran untuk terlibat dalam setiap tahapan pemilu terlebih untuk mensukseskan gelaran Pemilu serentak nanti.

“Saya mengajak generasi muda untuk berani melakukan komunikasi-komunikasi politik, apakah itu dengan pemerintah ataupun partai Politik,” tandasnya.

Dialog yang digelar di RRI Manado ini, dapat diikuti secara live Facebook dan Streaming App RRI Play bahkan pemirsa ataupun pendengar RRI dapat berinteraksi dan bertanya melalui sambungan telepon.

red/*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini