Regisosek BPS 2022, Wagub Kandouw: Perangi Kemiskinan, Data BPS Saya Percaya

0
17

SULUTIMES, Sulut – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) mendukung pelaksanaan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regisosek) tahun 2022 oleh Badan Pusat Statistik Sulut.

Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw saat membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Pemprov Sulut dalam rangka pendataan awal Regisosek tahun 2022 di Hotel Aryaduta Manado, Rabu (14/9/2022).

Dikatakan Wagub Kandouw, pentingnya penanganan masalah berbasis data ibarat berperang menghadapi musuh.

“Satu hal yang penting adalah mengenali musuh kita. Dalam memerangi musuh kita, yaitu kemiskinan, kita harus tahu datanya dalam upaya dan kebijakan sebagai strategi pemerintah memerangi kemiskinan, kita harus mengetahui dan tentunya memiliki data-data yang akurat,” ujarnya.

“Saya selalu berpikir dengan data. Saya tidak percaya data-data di-declare pihak lain selain data BPS saya percaya,” tutur Kandouw.

Wagub Kandouw juga menegaskan dirinya menentang ego sektoral sering ditemui pada kelembagaan. “Semua kementerian maunya ada data sendiri. Malah ada hobi (melebih-lebihkan). Kalau bisa dibanyak-banyakin, kenapa dikurang-kurangin biar bantuannya banyak,” aku mantan Ketua DPRD Sulut ini.

Rakorda Regisosek ini turut dihadir Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik Moh Edy Mahmud SSi MP, Kepala BPS Sulut Asim Saputra SST MEcDev, jajaran Forkopimda, kepala organisasi perangkat daerah di antaranya Kepala Bappeda Sulut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kepala Disdukcapil.

Adapun, nantinya Badan Pusat Statistik akan melaksanakan kegiatan Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi pada tanggal 15 Oktober sampai 14 November 2022. Kegiatan Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi Tahun 2022 yang akan dilakukan secara door to door atau dari rumah ke rumah bertujuan untuk menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan.

Jakas/*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini