DKP Sulut Totalitas Sukseskan Gernas Bulan Cinta Laut di Manado

0
5

SULUTIMES, Sulut – Gerakan Nasional Bulan Cinta laut merupakan langkah-langkah konkret Indonesia dalam menangani pencemaran laut dari sampah plastik.

Landasan tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI bersama Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Provinsi mencanangkan Gerakan Nasional “Bulan Cinta Laut” yang bertajuk “Laut Sehat, Indonesia Sejahtera” yang merupakan komitmen dalam menangani sampah di laut sebagai bentuk implementasi ekonomi biru.

Pelaksanaan kegiatan pencanangan ini dilaksanakan secara offline di Bali dan secara virtual serentak di 14 titik di Indonesia, Kamis (27/10/2022).

Hal ini menjadi salah satu langkah dalam mengurangi sampah di laut, Gernas BCL ini juga memacu sirkular ekonomi bagi nelayan dan masyarakat pesisir. Keterlibatan nelayan sebagai garda terdepan penjaga kesehatan laut menjadi kunci utama dalam Gernas BCL ini.

Di Provinsi Sulut sendiri Pencanangan Gernas BCL ini dihadiri oleh instansi terkait seperti Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung UPT KKP RI Ady Candra, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulut Dr Ir Tienneke Adam MSi, dan ratusan perwakilan dari kelompok nelayan Sulut, yang dilaksanakan di Restoran Big fish Manado.

Kepada sejumlah wartawan, Kepala DKP Sulut Dr Ir Tienneke Adam MSi mengatakan bahwa, Pencanangan Gernas BCL di Sulawesi Utara, Kota Manado salah satu daerah yang menghadiri pencanangan serentak di 14 Provinsi di Indonesia.

“Kami sangat mendukung gerakan ini supaya masyarakat nelayan dan warga pesisir bisa sama-sama menyadari, menjaga lingkungan masing-masing terutama ancaman sampah plastik, karena sampah plastik ini sangat mempengaruhi rantai makan, dan tentunya berdampak pada kehidupan manusia,” tutur Adam.

Pada kesempatan ini, Adam juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dengan tidak membuang sampah, terlebih sampah plastik ke sungai yang nantinya akan hanyut ke laut.

Adapun kegiatan pencanangan Gernas BCL di Sulut ini, diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada sejumlah kelompok nelayan yang berpartisipasi dalam mengangkut sampah plastik dari laut dimana tempat mereka mencari ikan.

Jakas/*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini