Ketum IHSA Kunjungi Museum Kolintang di RBN Wale Ma’zani Tomohon

0
53

SULUTIMES, Tomohon – Ketua Umum Indonesia Home Stay Association (Ketum IHSA) Hentje Alvy Pongoh SE MM berkunjung ke Museum Kolintang di Rumah Budaya Nusantara (RBN) Wale Ma’zani Minahasa, Tomohon, Rabu (9/11/2022).

Kunjungan Ketum IHSA Alvy Pongoh ini sekaligus mengecek kesiapan Pengurus DPC IHSA Kota Tomohon yang telah terbentuk untuk segera dilakukan Pelantikan.

Kedatangan Ketum IHSA Alvy Pongoh disambut Tari Kabasaran yang telah dipersiapkan oleh pemilik Wale Mazani yang juga Calon Ketua DPC IHSA Kota Tomohon Joudy Aray, Sekretaris Karen Moniaga, Wakil Sekretaris Nini Lengkong dan Bendahara Franki Senduk serta Sekretaris DPD IHSA Sulut Lucky Pongoh.

“Saya orang Tomohon, tapi saya baru tahu ternyata di Kota Bunga ini ada Museum Kolintang. Ini patut mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Tomohon terlebih Pemerintah Provinsi Sulut yang terus berusaha agar Kolintang diakui di dunia melalui UNESCO agar pelestariannya terjaga,” ujarnya.

Usai melihat dan mengamati produksi Kolintang, Ketum IHSA Alvy Pongoh yang datang bersama Wasek DPD IHSA Sulut Janni Kasenda berbincang bersama Pengurus DPC IHSA Tomohon.

“Pada prinsipnya saya sangat berterima kasih sudah mau gabung bersama IHSA. Untuk kesiapan acaranya silahkan berkoordinasi dengan Pengurus DPD IHSA Sulut agar bisa terlaksana dengan baik,” pesan Ketum bro Alvy sapaan akrabnya.

Ketua Umum IHSA H Alvy Pongoh tiba di Rumah Budaya Nusantara (RBN) Wale Ma’zani Minahasa, Tomohon, Rabu (9/11/2022) disambut tarian Kabasaran./jakas

Diketahui, IHSA sendiri adalah organisasi yang mewadahi para pengelola home stay di seluruh Indonesia.

Adapun maksud dan tujuan IHSA untuk menyamakan persepsi membangun home stay di tengah perkembangan desa wisata.

“Seiring dengan kebutuhan dan perkembangan kepariwisataan di Indonesia, masalah Home Stay menjadi kebutuhan di tengah perkembangan desa wisata,” kata Pongoh.

Lanjutnya, karena itu dibutuhkan pengembangan, termasuk digitalisasi pada desa wisata. Dalam hal ini IHSA juga mendorong dalam promosi menggunakan online, sebagai ujung tombak.

“Kita akan melakukan pembuatan database home stay se Indonesia terlebih di Sulut yang saat ini sangat gencar dengan perkembangan kemajuan pariwisata di 15 Kabupaten/Kota,” kuncinya.

Sementara itu, Ketua DPC IHSA Tomohon Joudy Aray mengatakan untuk persiapan pelantikan saat ini sedang dikebut. “Nantinya pada pelantikan ada seminar terkait Home Stay. Semoga rencana pelantikan dapat berjalan dengan sukses,” ungkapnya.

Jakas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini