Wagub Steven Kandouw Ingatkan Jajaran Pemkab Minahasa Wujudkan Good Government

0
21
Wagub Steven Kandouw Ingatkan Pemkab Minahasa Wujudkan Good Government
Wagub Steven Kandouw Ingatkan Pemkab Minahasa Wujudkan Good Government./sulutimes-edit

SULUTIMES, Sulut – Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw menyampaikan beberapa hal penting saat menghadiri Rapat Kerja Kedinasan Pemkab Minahasa di gedung Wale Ne Tou, Tondano, Kamis 30 November 2023. 

Awalnya Wagub Sulut Steven Kandouw kembali menekankan kepada ribuan ASN dan THL Pemkab Minahasa tentang pentingnya menjaga situasi tetap aman dan kondusif.

Wagub Steven Kandouw mengatakan situasi aman di suatu daerah akan berdampak pada aspek lain. Salah satunya investasi yang menjadi bagian penting pertumbuhan ekonomi di satu daerah.

Dalam tiga tahun terakhir Sulawesi Utara mendapat penghargaan daerah dengan nilai investasi di atas rata-rata. Keamanan menjadi salah satu faktor penting sehingga banyak investasi masuk ke Sulut.

Wagub Kandouw mengatakan jajaran Pemkab Minahasa, baik ASN dan THL harus menjadi garda terdepan dalam mengedukasi masyarakat terkait kehidupan sosial dan budaya yang benar sesuai filosofi hidup masyarakat Minahasa, sehingga tidak mudah terprovokasi.

Terkait pemerintahan, Steven Kandouw terus mengingatkan terwujudnya good government and clean government. Ada beberapa indikator penting untuk mewujudkan dua hal tersebut.

Wagub Kandouw menyebut indikator pertama yakni akuntabilitas. “Semua harus mampu mempertanggungjawabkan semua pertanggungjawaban kewenangan apalagi keuangan,” tuturnya.

Kedua aksesibilitas. Dia meminta baik kegiatan maupun pengelolaan keuangan jangan ditutup-tutupi. Terlebih jangan ada penyalahgunaan wewenang, apalagi anggaran.

Selain itu, orang nomor dua di Sulut ini menekankan pentingnya koordinasi dalam jalannya pemerintahan. Dimana koordinasi harus dilakukan sesuai aturan secara berjenjang, juga jangan ada lagi ego sektoral antar perangkat daerah.

Keempat yang tak kalah penting yakni presisi. Dalam hal ini Wagub meminta ketepatan dalam menjalankan tugas. Contohnya dalam penyusunan anggaran. Juga fokus dalam menyelesaikan suatu pekerjaan hingga membuahkan hasil yang baik.

Wagub Sulut Steven Kandouw mencontohkan bagaimana Pemerintah didukung pihak terkait fokus dalam pembersihan Danau Tondano yang akhirnya bersih dan insah bahkan menjadi lokasi kejuaraan internasional.

Yang perlu juga menjadi fokus yakni masalah kenaikan harga pangan. Menurutnya program bantuan bagi masyarakat perlu digiatkan

“Salah satunya lewat (gerakan) pangan murah,” ujar Wagub Kandouw.

Selanjutnya masalah kemiskinan ekstrem. Wagub meminta dilakukan pendataan untuk nantinya ada langkah-langkah yang bisa diambil dalam menekan angka kemiskinan ekstrem.

Turut hadir Asisten I Setdaprov Sulut Denny Mangala serta Penjabat Bupati Minahasa Jemmy Kumendong dan jajaran Pemkab.

Jakas

-
-

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini