Gubernur Olly Dondokambey Lepas 24 Mahasiswa Unima Ikuti Program Magang di Jepang

0
48
Gubernur Olly Dondokambey Lepas 24 Mahasiswa Unima Ikuti Program Magang di Jepang
Gubernur Olly Dondokambey Lepas 24 Mahasiswa Unima Ikuti Program Magang di Jepang./istimewa

SULUTIMES , Sulut – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di bawah kepemimpinan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK), memfasilitasi mahasiswa Unima mengikuti program magang di Jepang.

Sebanyak 24 mahasiswa Unima didampingi Rektor Unima Prof Deitje Katuuk dan keluarga datang bertemu Gubernur Olly Dondokambey di Kantor Gubernur Sulut, Jumat 26 April 2024.

Pertemuan ini turut dihadiri Sekprov Sulut Steve Kepel, Asisten 1 Setdaprov Sulut Denny Mangala, dan Kepala Dinas Pendidikan Sulut Femmy Suluh.

Rencanannya 24 mahasiswa yang menjadi peserta magang akan berangkat ke Jepang pada Sabtu ini, 27 April 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Olly memberikan nasihat dan pesan-pesan sebagai bekal bagi mereka yang akan berada di Negeri Sakura selama satu tahun.

Kepada awak media, Gubernur Olly menjelaskan bahwa agenda ini merupakan kelanjutan dari program kerja sama Pemprov Sulut dengan pemerintah Jepang.

Dimana Pemprov sebelumnya telah mengirim 109 lulusan SMK untuk magang kerja di Negeri Sakura, dan 300 orang lainnya saat ini sementara mengikuti diklat untuk nantinya juga akan diberangkatkan.

Tapi melihat peluang yang ada, Pemprov kemudian bekerja sama dengan Unima untuk mengirimkan mahasiswa yang pada tahap awal ini diikuti sebanyak 24 orang.

“Sembari mereka belajar, juga mendapat penghasilan atau insentif,” ungkap Gubernur Olly.

Sementara itu, Rektor Unima, Prof DR Deitje Katuuk menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulut yang menyertakan mahasiswa Unima dalam program kerja sama dengan Jepang.

Ia mengatakan hal ini sejalan dengan program merdeka belajar Kampus Merdeka yang di dalamnya ada program magang.

“Untuk tahap pertama 24 orang yang mengikuti magang adalah mahasiswa program studi Bahasa Jepang. Di tahap selanjutnya akan dipersiapkan 22 mahasiswa dari program studi lain,” terangnya.

Para mahasiswa terlihat senang akan segera mengikuti program magang di Jepang ini. Mereka memang sudah lama menantikan bisa mencari pengalaman di Negeri Matahari Terbit tersebut.

“Kami sudah mempersiapkan diri. Ini sudah lama kami nanti. Apalagi setahu kami, sebelumnya Pemprov Sulut telah memfasilitasi lulusan SMK untuk magang bahkan bekerja di Jepang dengan sukses dan aman,” ungkap Florenzia Suwardja dan Luis Figo Tang, mahasiswa Unima peserta magang di Jepang.

Keduanya mewakili peserta magang lainnya menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw.

“Kami mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Pak Gubernur dan Pak Wagub atas bantuan dan dukungannya untuk kami yang akan magang di Jepang,” pungkas keduanya.

Jakas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini