Ketum DPP IHSA Alvy Pongoh Terima Gelar “Waraney Kanazamen Wale Kakasean”

0
73
Ketum DPP IHSA Alvy Pongoh Terima Gelar
Ketum DPP IHSA H Alvy Pongoh SE MM

SULUTIMES, Sulut – Dewan Adat Esa Ketezan menggelar acara Perayaan Syukur Hari Ulang Tahun Ke-1 bertempat di Kampung Adat Touwulu, Selasa 28 Mei 2024.

Acara ini dihadiri para Pimpinan dari 14 organisasi komunitas Adat dan Budaya yang ada di Kota Tomohon serta jajaran pejabat Pemerintah Kota Tomohon dari Dinas Pariwisata dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Perayaan Syukur di awali dengan penampilan kelompok seni budaya Ma’zani dari Rurukan dan kelompok seni musik Kolintang khas Minahasa.

Ketum DPP IHSA Alvy Pongoh Terima Gelar "Waraney Kanazamen Wale Kakasean"

Setelah dilakukan ritual adat “Tumalinga Si Ko’ko” khas Minahasa sub etnis Tombulu oleh para pemuka adat di depan meja sesajian yang terdiri dari makanan dan minuman tradisional serta pembacaan doa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Acara dilanjutkan dengan upacara pemberian Gelar Adat “Waraney Kanazamen Wale Kakasean” oleh Dewan Adat Esa Ketezan kepada Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Indonesia Home Stay Association (Ketum DPP IHSA) H Alvy Pongoh.

Arti dari Gelar Adat ini dalam Bahasa Indonesia adalah “Penjaga Budaya Rumah Tinggal Khas Tombulu Minahasa”. Dewan Adat Esa Ketezan menganggap bahwa Gelar Adat tersebut layak untuk diberikan kepada H Alvy Pongoh sebagai Ketum DPP IHSA yang telah berjuang dalam pembentukan organisasi IHSA di Provinsi Sulawesi Utara umumnya dan di Kota Tomohon khususnya serta usahanya dalam mendukung pengembangan usaha rumah tinggal untuk Homestay berbasis budaya lokal khas Tombulu Minahasa.

Dalam pidatonya, Ketum DPP IHSA H Alvy Pongoh yang berasal dari Wanua Taratara, Tomohon itu mengatakan dirinya merasa senang dan tersanjung atas pemberian gelar adat ini.

Ketum DPP IHSA Alvy Pongoh Terima Gelar "Waraney Kanazamen Wale Kakasean"

“Bagi saya ini merupakan amanah dan tugas mulia yang harus saya jalankan untuk tetap dan terus menjaga budaya Minahasa dari rumah saudara-saudaraku yang digunakan untuk menerima tamu yang menginap dan berbagi pengetahuan tentang adat dan budaya lokal Minahasa,” tuturnya.

Pada waktu yang sama dilaksanakan juga acara pencanangan “Kampung Adat Berbasis Homestay Nuansa Tombulu” oleh Walikota Tomohon Caroll Senduk yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tomohon Dr Juliana Dolvin Karwur MKes MSi bersama Ketum DPP IHSA H Alvy Pongoh didampingi para Anggota Dewan Adat Esa Ketezan dengan menyalakan obor secara bersama-sama.

Acara kemudian diakhiri dengan makan malam bersama secara tradisional di atas meja beralaskan daun pisang dan gelas minum yang terbuat dari batang pohon bambu.

Jakas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini